About these ads

Aplikasi Cleanmaster Berguna Untuk Mencegah Bootloop Pada Smartphone

smartphone moto-eSeorang teman pernah menyarankan kepada saya untuk memakai aplikasi cleanmaster pada smartphone samsung galaxy ch@t yang saya miliki. Menurut informasi yang saya dapatkan dari dia, bootloop yang terjadi pada smartphone saya adalah karena banyaknya junk pada smartphone. Saya tidak terlalu mengerti dengan apa yang dimaksud dengan junk dan karena dia orang yang cukup concern dengan perkembangan teknologi khususnya smartphone dan aplikasinya saya mengikuti anjuran dari teman saya. Simak ulasan singkat saya.

Cleanmaster merupakan sebuah aplikasi yang mempunyai banyak fitur yang menguntungkan seorang seperti saya (end user). Setelah saya install cleanmaster dan menjalankan program aplikasi tersebut pada samsung galaxy ch@t, saya cukup kaget dengan banyaknya junk yang dibersihkan oleh cleanmaster. Sepertinya setiap kita (end user) memakai sebuah aplikasi semisal browser atau sms, ada program yang tetap tertinggal di memory dan ram dari smartphone. “Sampah” ini jika saya tidak memakai cleanmaster akan membuat smartphone menjadi berat dan mungkin akan terjadi bootloop.

Saat ini saja dalam catatan cleanmaster saya telah membersihkan memory telpon dan RAM sebanyak 3 Gigabita. Jumlah yang terasa sungguh mencengangkan karena saya beranggapan bahwa junk tidak akan membawa masalah apa-apa jika tidak dibersihkan. Saya merasakan setelah membersihkan junk dan cache dengan memakai aplikasi cleanmaster, smartphone samsung galaxy ch@t saya lebih ringan dalam beroperasi.

Setelah kejadian bootloop saya juga menemukan hal lain dalam fitur aplikasi pembersih ini. Fitur tersebut adalah disable default aplication. Teman saya menjelaskan handphone bisa tiba-tiba restart sendiri dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan pada background. Walaupun saya tidak menjalankan aplikasi apapun secara sadar, ternyata ada aplikasi tertentu yang secara default membuat memory dan RAM berkurang kapasitasnya. Clean junk dan cache tidak cukup untuk membuat ringan operasi sebuah smartphone. Maka saya pun memilih untuk menonaktifkan secara manual beberapa aplikasi bawaan smartphone untuk memperbesar memory dan RAM.

Hasilnya lebih memuaskan. Jika dahulunya cleanmaster mendeteksi pemakaian RAM sekitar 70 % (yang saya anggap normal) maka setelah melakukan disable default aplication pemakaian RAM turun hingga 50%. Aplikasi default yang saya non aktifkan diantaranya adalah yahoo news, samsung all share, samsung store, IM chat On (ada secara default) dan lain-lain.

Bagi smartphone android yang telah di root, mengatur aplikasi yang berjalan pada background akan semakin mudah. Mungkin tidak perlu lagi untuk download cleanmaster. Justru karena tidak bisa mengontrol aplikasi yang sedang berjalan di background itulah saya memakai aplikasi cleanmaster.

About these ads

1 Comment

  1. […] mengganti alat komunikasi. Dengan spesifikasi samsung saya beberapa aplikasi seperti blackberry dan aplikasi cleanmaster seperti tidak bisa berjalan dengan semestinya. Berhubung lazada ulang tahun pastinya ada penawaran […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: