Aplikasi Cleanmaster Berguna Untuk Mencegah Bootloop Pada Smartphone

Ketika saya menggunakan Samsung Galaxy Ch@t pernah satu saat ponsel keluaran pabrikan asal Korea itu tiba-tiba restart. Dalam kebingungan saya mencari akar permasalahan dari ponsel yang sudah lama saya gunakan tersebut salah seorang teman di kantor yang juga memiliki hobi mengutak-atik ponsel android menyarankan saya untuk menginstal aplikasi cleanmaster dari playstore. Aplikasi cleanmaster berguna untuk mencegah bootloop pada smartphone, jelas teman saya tersebut singkat.

Dari laman Google Play Cleanmaster, ada 5 fungsi utama yang dipromosikan oleh pengembang, yaitu:

  1. Membersihkan sampah yang terdapat di ruang penyimpanan (storage room) smartphone.
  2. Melindungi hape dan data pribadi dari kerusakan yang disebabkan oleh virus atau malware yang tanpa disadari masuk melalui celah penginstalan aplikasi.
  3. Mengamankan foto pribadi
  4. Melindungi koneksi anda yang disambung melalui jaringan wifi palsu dan koneksi tidak sah. Biasanya kita tidak bisa menolak mendapatkan akses internet melalui jaringan wifi gratisan. Akan tetapi kita yang awam mungkin tidak tahu wifi mana yang benar-benar bisa membuat koneksi anda aman atau wifi mana yang sengaja dibuat oleh oknum untuk untuk mendapatkan data pribadi Anda berupa username ataupun password media sosial atau bahkan akses kartu kredit yang digunakan dalam berbelanja online.
  5. Mengoptimasi kecepatan hape dengan memberikan ruang kosong pada RAM agar aplikasi yang digunakan dapat digunakan dengan cepat.
    Menghemat baterai ponsel. Tanpa kita sadari aplikasi yang kita gunakan secara terus menerus dan berganti-ganti dapat membuat tenaga baterai ponsel menjadi boros. Makanya tidak jarang saya menemukan beberapa teman yang awalnya hanya mengisi ulang ponselnya sekali saja di rumah untuk penggunaan satu hari beberapa bulan kemudian malah tidak bisa lepas dari powerbank.

Aplikasi cleanmaster di beberapa ponsel pintar generasi terbaru telah menjadi aplikasi built-in. Saat ini saya menggunakan xiomi redmi 2 setelah sebelumnya menggunakan samsung galaxy ch@t selama beberapa tahun. Di ponsel keluaran china yang fiturnya tidak kalah dengan iPhone dan Samsung Galaxy ini aplikasi cleanmaster telah tersedia.

Hingga saat tulisan ini diterbitkan aplikasi pembersih RAM dan mengoptimasi kecepatan ponsel yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile ini telah diunduh lebih dari 5 juta pengguna melalui google play. Selain telah diunduh dan digunakan oleh 5 juta pengguna aplikasi Cleanmaster juga mendapatkan apresiasi yang baik dari penggunanya dengan mendapatkan bintang 5 dari 42 juta pengguna google play.

Kontributor situs knowyourmobile secara impilisit tidak menganjurkan para pengguna ponsel Android menginstal aplikasi cleanmaster. Alasannya mengutip AndoidPit tanpa aplikasi cleanmaster pun kita bisa menghapus data dari aplikasi yang telah dihapus dari ponsel. Caranya masuk ke pengaturan (Settings) > penyimpanan (Storage) > ketuk Cached data dan pilih OK untuk menghilangkan cache data dari aplikasi yang telah dihapus tersebut.

Selain alasan yang telah dikemukakan tadi AndroidPit juga menyebutkan jika aplikasi cleanmaster memelurkan penggunaan baterai yang berlebihan sehingga baterai ponsel akan cepat drop. Jika kita perhatikan dengan seksama didalam aplikasi cleanmaster juga terdapat iklan yang tayang, sehingga tanpa kita sadari kuota data internet yang dibeli juga tersedot oleh aplikasi tersebut.
Situs knowyourmobile juga menambahkan pendapat dari pengguna Quora yang bernama Sudhakar Krishnamoorthy. Sudhakar mengaku sebelum menghapus aplikasi cleanmaster dari ponsel yang ia gunakan terlebih dahulu ia melakukan ujicoba terhadap fitur pembebas RAM cleanmaster. Sundhakar menggunakan ponsel dengan Operating System KitKat dan juga membuka panel pengaturan android di waktu yang bersamaan. Sundhakar lalu mengetuk tombol clean junk. Dari percobaan yang ia lakukan pengguna Quora ini tidak melihat perubahan yang signifikan pada panel pengaturan android begitu juga pada RAM.

Michael Grothous menyebutkan penggunaan aplikasi cleanmaster hanya mengakibatkan efek placebo bagi penggunanya. Efek plasebo merupakan istilah yang biasa digunakan dalam dunia kedokteran. Istilah ini menggambarkan kondisi seorang pasien yang sembuh dari penyakit karena mengkonsumsi obat kosong. Secara singkat firman pratama menjelaskan plasebo adalah efek dari pikiran. Kita akan sehat kalau kita bertekad kuat untuk sehat.

Begitu juga dengan penggunaan aplikasi cleanmaster. Pengguna ponsel yang merasa gawainya berjalan lambat saat melakukan tugas hanya diberikan efek placebo oleh aplikasi tersebut dengan animasi yang sangat indah setelah menekan tombol fitur yang dibutuhkan.

Jadi apakah aplikasi cleanmaster ini harus digunakan atau tidak?

Kalau dari pengalaman saya sendiri, aplikasi cleanmaster ini masih saya butuhkan karena saya masih belum mengetahui cara menggunakan isi dalam dari ponsel Android yang saya gunakan. Bagi developer aplikasi android kemungkinan aplikasi cleanmaster ini sudah dihapus sejak awal ponsel mereka beli. Bagi orang awam lebih baik gunakan saja apalagi jika aplikasi tersebut sudah built in seperti yang saya temukan di ponsel xiomi redmi 2 yang saya miliki saat ini.

Advertisements

One Reply to “Aplikasi Cleanmaster Berguna Untuk Mencegah Bootloop Pada Smartphone”

  1. Ping-balik: 3 Tahun Situs Belanja Online Lazada.co.id | PencariCerah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *