Kategori
Sponsored

Anak Nangis Ketika Buang Air Besar? Ini Solusinya

Memilih susu bayi tidak bisa sembarangan. Terlebih ketika anak sudah mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping asi (air susu ibu). Salah pilih produk susu bisa jadi membuat perkembangan bayi tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Pengetahuan Ibu dan Bapak kita dahulu mungkin tidak seperti yang kita dapatkan sekarang. Meskipun demikian beberapa kebiasaan orang tua dahulu dalam memelihara anak masih bisa kita terapkan. Contohnya ketika memperkenalkan makanan pendamping asi bagi bayi.

Pisang, merupakan buah yang selalu menjadi pilihan pertama bagi orang tua saya untuk memperkenalkan makanan padat kepada bayi. Walaupun agak samar tapi saya masih mengingat bagaimana Bunda, panggilan saya pada orang tua wanita, mengerok daging buah pisang untuk adik-adik saya yang masih kecil. Kadang saya pun suka mengikuti Bunda, mengerok buah pisang, agar lebih mudah untuk dikonsumsi.

Sekarang saya baru tahu ada beragam buah yang bisa digunakan sebagai makanan pertama bayi selain pisang. Alpukat, misalnya. Karakteristik daging buah yang lembut sangat sesuai dengan kebutuhan bayi dalam mencoba untuk menggunakan mulutnya untuk mengunyah makanan.

Apa buah yang bagus untuk pendamping asi lainnya yang pernah Anda ketahui? Gunakan kolom komentar untuk berbagi inspirasi bagi saya dan pasangan yang baru memiliki bayi lainnya di Indonesia.

Karena bayi sudah mulai diperkenalkan dengan makan yang lebih padat dibandingkan dengan ASI, ada satu masalah yang mungkin akan ditemui. Apa itu? Mulai terjadinya sembeli pada bayi.

Bagaimana cara mengetahui jika bayi kita mengalami sembelit? Menurut artikel mengatasi bayi sembelit bayi akan menangis / rewel ketika ia buang air besar (BAB). Ini dikarenakan bayi sedang merasakan sakit waktu BAB. Maka dari sekarang setidaknya perhatikan beberapa hal berikut:

  1. pastikan kalau anak kita mendapatkan asupan cairan yang cukup. Penggunaan AC, cuaca yang panas dan metabolisme tubuh yang semakin meningkat dapat membuat tubuh bayi kekurangan cairan. Hal ini menyebabkan kotoran menjadi kurang lembab dan keras.
  2. berikan makanan berserat. Di beberapa orang, makanan pendamping asi yang diberikan bukan buah tetapi langsung nasi yang menjadi bubur. Perubahan ini akan mempengaruhi volume dan kepadatan kotoran yang akan dikeluarkan.
  3. obat-obatan yang dikonsumsi. Saya sepertinya mengalami kasus ini beberapa waktu lalu. Waktu kulit anak terlihat bentol-bentol, istri membawa bayi saya ke dokter untuk konsultasi. Pulang dari dokter, anak pun harus diberikan obat alergi (karena diagnosa awal adalah alergi). Setelah mengkonsumsi obat ini, saya perhatikan setiap BAB anak saya selalu menangis. Ternyata ia kesakitan ketika mengeluarkan kotoran.

Apa pertolongan pertama pada kasus sembelit yang menimpa anak mpasi?

Orang tua saya dulu selalu menggunakan cara berikut ketika anak-anaknya mengalami sembelit. Karena karakteristik pup ketika sembelit itu padat dan kurang lembab, maka ketika bayi sedang berjuang untuk mengeluarkan kotorannya kita sebagai orang tua membantu dengan membuat pup itu lembab. Caranya dengan memberikan sabun di sekitar anus anak.

Usahakan posisi anak dalam keadaan jongkok. Menurut beberapa penelitian posisi ini sangat membantu dalam memperlancar pembuangan makanan di saluran pencernaan.

Hal lain yang harus dilakukan adalah dengan memijit perut anak untuk membantu pup itu keluar. Disebutkan dalam link artikel diatas, orang tua harus mengusap perut anak searah jarum jam dibantu dengan baby oil.

Langkah-langkah diatas tidak bisa dilakukan satu orang saja. Paling tidak harus ada dua orang yang membantu anak dalam melewati penderitaannya. Satu untuk memegang dan memposisikan anak, sedangkan yang lain membantu memperlancar pembuangan kotoran.

Agar anak tidak merasakan penderitaan susah buang air besar konsumsi susu bayi Bebelac Gold. Produk dari Nutricia Indonesia ini memiliki advance fibre untuk membantu pencernaan anak nyaman, melancarkan penceranaan, mengoptimalkan tumbuh kembang, menjaga suasana hati, menyerap nutrisi, cepat tanggap, dan melindungi secara alami.

Advertisements
Iklan

Oleh Kandra

Seorang karyawan yang mengelola beberapa blog sembari belajar banyak hal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *