Alasan Networking dan Ijazah Perlu Dalam Melamar Pekerjaan

Apa yang harus anda lakukan ketika anda sedang mencari pekerjaan lalu anda melihat lowongan pekerjaan yang anda inginkan dalam kualifikasinya tertera persyaratan ijazah sarjana? Apakah anda akan kehilangan minat terhadap pekerjaan tersebut atau anda akan berusaha walaupun anda tidak memenuhi syarat yang diminta?

Banyak orang yang ingin mempunyai gelar sarjana, namun tidak sedikit juga yang telah menyelesaikan pendidikan tingginya dan mendapatkan gelar. Ada beberapa alasan kenapa seseorang akhirnya tidak menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi. Menurut Jacquline E. King, vice president analisa kebijakan di American Council of Education (nytimes.com/2009/11/08/jobs/08search.html) beberapa alasannya adalah memutuskan untuk bekeluarga, merawat sanak famili yang sedang sakit, atau memilih lebih bertanggung jawab pada pekerjaan yang ia dapatkan sekarang.

Teman saya ada yang berkeluarga namun ia tetap menyelesaikan pendidikannya walau tidak dalam waktu ideal. Setelah berkeluarga pun ia mempunyai motivasi yang tinggi untuk selalu berhasil di kelas, bahkan ketika ia hamil anak pertama ia tetap kuliah. Halangannya untuk tidak mengikuti perkuliahan adalah kondisinya yang semakin lemah ketika kandungannya semakin membesar. Apakah ia menyerah setelah melahirkan? Tidak teman saya itu tetap kuliah walau harus bersama dengan mahasiswa baru, dan kami angkatannya selalu membantunya. Subhanallah ia akhirnya menyelesaikan pendidikannya.

Poin saya disini adalah jangan menyerah walaupun anda tidak mempunyai gelar sarjana. Skil yang anda punya belum tentu kalah dari orang yang mempunyai gelar sarjana.

Bagi perusahaan persyaratan dengan menuliskan kualifikasi gelar sarjana di lowongan pekerjaan bertujuan untuk memudahkan mereka dalam mengatur kebutuhan sumber daya manusia setiap divisi.

Jadi Jika anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan yang membutuhkan gelar sarjana dari satu bidang profesi maka jangan anda membohongi perusahaan yang anda tuju dengan menuliskan anda mempunyai gelar sarjana yang dibutuhkan. Akan lebih baik dalam cv atau resume yang anda berikan ditulis kalau anda pernah kuliah di jurusan yang dibutuhkan atau sedang kuliah di jurusan tersebut. Contohnya jika anda mencoba meniti karir sebagai reporter yang membutuhkan gelar sarjana sastra inggris sedangkan anda mempunyai gelar D-3 terangkan dalam CV anda ketika melamar bahwa anda sedang kuliah S-1 sarjana sastra di salah satu universitas.

Ada sebuah pendapat umum mengenai adanya “orang dalam” di perusahaan yang anda tuju akan memudahkan anda dalam mendapat pekerjaan. Pendapat ini hampir mendekati kebenaran karena dengan jaringan pertemanan anda di media social seperti facebook, twitter atau forum seperti kaskus anda akan mendapatkan kesempatan wawancara di perusahaan yang anda tuju. Memiliki jaringan yang luas ini seperti yang disebutkan oleh Katy Piotrowsky akan membuat seseorang yang tidak mempunyai gelar sarjana mendapatkan pekerjaan. Namun Katy menambahkan bahwa jaringan dan pengalaman pun akan membuat anda otomatis aman dalam persaingan di dunia kerja. Untuk itu anda membutuhkan surat resmi tentang gelar atau keahlian anda pada sebuah pekerjaan dalam bentuk sertifikat.

Jadi jangan pernah menyerah dan cobalah lengkapi persyaratan mendapat pekerjaan yaitu: ijazah/sertifikat dan jaringan pertemanan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan