About these ads

7 Tips Belajar Bahasa Inggris

Mungkin sebagian sempat membaca postingan saya mengenai cara belajar bahasa inggris sebelumnya dan ternyata pendapat saya tentang cara belajar bahasa inggris sama dengan artikel yang diposting pada republika.co.id mengenai Tips Belajar Bahasa Jepang. Berikut secara ringkas tujuh tips yang disampaikan oleh Mutia Ramadhani yang saya ubah sedikit:

1. Belajar seperti Anak-anak
Perhatikan anak-anak saat kita mengajak mereka bicara, ia hanya duduk santai dan mendengar ketika orang tua menjelaskan struktur grammatikal kalimat atau mengajarkan nama-nama benda disekitar kita. Jadi lupakan sejenak aturan kalimat seperti tenses. Ini berlaku untuk anda yang benar-benar mempunyai sedikit kosa kata bahasa inggris.

2. Teruslah Berbicara Meski Pelafalannya salah
Anda mungkin pernah merasa jengkel karena anak atau keponakan anda tidak berhenti me-“racau” ketika anda mengajak anak atau keponakan anda tersebut jalan-jalan. Ia terus berbicara menyebutkan satu per satu kata benda yang ia ketahui meski lafalnya salah. Bagi anak kecil, ia tidak peduli kalau pelafalan katanya salah, yang penting terus belajar berkomunikasi dengan sekitarnya.

3. Jika Mampu, pergilah ke Amerika / Inggris
Belajar bahasa tidak hanya berbicara, menulis, atau membaca. Dengan berkesempatan ke negeri yang bahasa utamanya adalah Bahasa Inggris maka anda tidak hanya belajar berbicara, menulis, atau membaca tapi juga belajar budaya dan norma-norma yang berlaku. Jadi anda akan mengetahui bahasa kasar, bahasa halus, atau bahkan bahasa slang (pergaulan) di negara-negara tersebut. Langsung berinteraksi dengan orang “bule” akan mempercepat proses belajar anda. Pertanyaannya bagaimana cara mendapat kesempatan untuk belajar kesana? Coba perhatikan website ngo yang menawarkan beasiswa, jangan hanya main game online atau facebook-an saja :). Tenang saya akan bantu semampu saya untuk menyebarkan informasi ini.

4. Baca apapun Tulisan Bahasa Inggris yang ada di tangan anda
Cara yang paling umum adalah dengan membaca teks video game, film-film (atur teksnya bahasa inggris, jangan bahasa indonesia), dan mendengar lagu-lagu bahasa inggris (jangan lihat dulu teksnya, coba dengarkan lalu tulis apa yang kamu dengar kemudian bandingkan dengan teks yang diberikan pada sampul cd/kaset).

5. Bacalah kemudian Tuliskan
Masih ada yang membuat gambar di buku pelajaran? Saya pernah melakukan itu sewaktu disekolah, dan saya merasakan kalau kosa kata baru yang saya pelajari semakin menarik dan semakin nyantol di ingatan saya. Anak-anak jika kita perhatikan melakukan hal ini dengan sendirinya. Ketika mereka mengetahui sebuah kata baru untuk menggambarkan benda ia juga menggambarkan benda tersebut dengan caranya sendiri.

6. Belajar dalam konteks
Saat anda sedang menerjemahkan sebuah teks dari bahasa inggris ke bahasa indonesia dengan menggunakan alat seperti google translate ataupun kamus, anda akan mendapatkan betapa lucunya hasil terjemahan anda. Bukan membuat anda paham terhadap teks tapi membuat anda tambah bingung. Ini terkait dengan konteks penggunaan kata dalam sebuah teks. Kata bedah dalam teks kedokteran ternyata berbeda dengan bedah dalam teks sastra atau teks teknik. Untuk itu anda perlu tahu konteks dari kalimat yang anda baca.

7. Manfaatkan apapun yang anda miliki
Setiap orang mempunyai kemampuan dan cara belajar yang berbeda. Karena itu kenali cara belajar anda. Ada yang mempunyai kesempatan untuk belajar bahasa inggris di negerinya, ada yang punya kesempatan untuk berselancar di internet. Cobalah browsing beberapa link yang menyediakan materi belajar bahasa inggris secara otodidak. Atau gunakan aplikasi seperti skype untuk mendapatkan teman baru dari luar negeri untuk memperlancar penggunaan bahasa inggris anda.

About these ads

4 Comment

  1. […] membahas pemilu 2014, mungkin sebagian bertanya-tanya kenapa postingan saya berubah dari memberi tips belajar bahasa inggris menjadi membahas politik. Saya ingin menjelaskan alasan saya untuk membahas politik saat ini. […]

  2. […] Inggris Dengan Mudah Masuk Sastra Itu Menyenangkan Dan Belajar untuk Kritis 7 Tips Belajar Bahasa Inggris Skype Aplikasi Untuk Memperlancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris The Plot Against America, Novel […]

  3. […] Inggris Dengan Mudah Masuk Sastra Itu Menyenangkan Dan Belajar untuk Kritis 7 Tips Belajar Bahasa Inggris Skype Aplikasi Untuk Memperlancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris The Plot Against America, Novel […]

  4. […] Kerja untuk Anak Sastra Inggris Tips Belajar Bahasa Inggris Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris; Internet Marketing 15 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: