About these ads

3 Faktor Penentu Kesuksesan Penerbit Adsense dan Wordads

Dalam menjalankan model bisnis online Pay Per Click atau PPC ada tiga hal yang harus diperhatikan yaitu high paying keyword, high traffic, dan high click trough ratio. Tulisan kali ini saya sarikan dari sebuah e-book online berjudul Rahasia Sukses Menghasilkan Uang dengan Google Adsense karya Conradsharry. Buku ini masih membahas tips dan trik google adsense pada periode tahun 1998-2000, namun ada beberapa hal yang masih relevan hingga saat ini yang dapat diaplikasikan.

1. apa itu high paying keyword? High paying keyword adalah Keyword yang bernilai tinggi. Setiap keyword mempunyai nilai masing-masing dimulai dari 0 hingga 300 ribu rupiah (nilai keyword tertinggi yang saya temui pada google adwords saat ini).
Keyword sama dengan kata kunci. Kata kunci adalah kata-kata yang sering diketik oleh pengguna mesin pencari seperti google, bing, yahoo, dan lain sebagainya. Contoh ketika anda mencari informasi tentang sastra inggris, atau peluang kerja sastra inggris, dalam kotak pencarian sebelum anda menekan tombol search atau cari anda akan mengetikan teks sastra inggris atau peluang kerja sastra inggris. teks yang dimasukkan kedalam kotak mesin pencari itu yang dikenal dengan kata kunci atau keyword.

2. apa itu high traffic? Traffic dalam konteks ini seperti traffic yang kita liat di jalan raya. di jam-jam sibuk anda akan melihat beberapa jalanan seperti jalan Gatot Subroto di Jakarta penuh sesak dengan kendaraan bahkan ada kalanya tidak bergerak alias macet. Begitu juga pada website atau blog. Jika kata kunci yang anda pilih ternyata banyak dicari oleh orang, blog atau website yang anda kelola akan mengalami hal yang sama. Seperti isu begal yang saat ini sangat booming. Jika anda mempunyai blog atau website yang membahas tentang kejahatan atau tips aman dalam berkendara maka kemungkinan besar web/blog anda akan mempunyai banyak pengunjung dan jika anda mengelola blog melalui wordpress.com atau blogger.com yang gratis maka anda tidak akan mendapatkan masalah (Kecuali WordAds anda tidak bisa memanfaatkan momen banyaknya pengunjung ini untuk mendapatkan penghasilan online). Jika anda menggunakan layanan hosting gratis dari 000webhost.com atau id.hostinger.com kemungkinan akun anda akan di banned karena kelebihan muatan. Makanya beberapa internet marketer atau blogger pro (yang saya maksud disini yang sudah mendapatkan penghasilan penuh dari aktivitas blogging) selalu memberikan saran untuk membeli domain dan hosting sendiri. Alasannya itu tadi yaitu jika anda mempunyai lonjakan pengunjung blog atau website maka anda mempunyai keleluasaan untuk menghasilkan uang dari konten-konten yang anda miliki.

3. apa itu high click trough ratio? Berkaitan dengan dua poin yang telah dibahas sebelumnya, gabungan antara high traffic dan juga high paying keyword belum membuat anda mempunyai penghasilan. Jika kata kunci yang mahal dan traffic yang tinggi tidak disertai dengan pengunjung melakukan klik pada iklan google yang muncul pada blog/website anda.
Saat anda mendaftar sebagai bagian dari jaringan penerbit iklan di google adsenes, wordAds, atau program lainnya adalah bagian tim marketing yang menawarkan pengunjung anda untuk mengunjungi situs tertentu yang menggunakan jaringan iklan situs yang bersangkutan untuk menjual barang dan jasanya. Karena itu situs atau blog yang tidak memberikan kontribusi signifikan dengan hasil akhir perusahaan yang menayangkan iklan. High Click Trough Ratio itu adalah rasio keberhasilan situs blog/website kita dalam mengantarkan potensial customer ke situs penayang iklan yang bekerja sama dengan jaringan periklanan yang kita ikuti. Ada beberapa pendapat tentang pentingnya high click trough ratio ini, sebagian menganggap high click trough ratio ini sebagai landasan validasi dari jaringan periklanan untuk menghindari click fraud dari penerbit. Sebagaimana yang saya sampaikan sebelumnya, kalau jaringan penerbitan seperti google adsense atau wordads mendapatkan penghasilan dari penayang iklan, dan penayang iklan menggunakan jaringan penerbitan untuk memasarkan produk barang/jasa. Jika pengelola web melakukan klik sendiri terhadap iklan yang ditayangkan pada blog/websitenya maka tentunya penayang iklan di jaringan penerbitan iklan akan mengalami kerugian karena dibebani cost yang tinggi dalam iklan sehingga akan memutuskan kerjasama dengan jaringan penerbitan iklan. Jika seorang penerbit iklan terbukti melakukan fraud, maka tanpa ada peringatan jaringan penerbitan iklan akan memutuskan hubungan kerja sama dengan penerbit iklan. Hal ini pernah terjadi beberapa tahun silam pada jaringan penerbitan iklan google adsense.

Oleh karena itu saya sarankan agar lebih baik mengikuti aturan yang berlaku baik di google adsense maupun di Wordads. Pertama agar kompetisi yang sehat terjadi, kedua agar pencari uang cepat dari internet dapat dikurangi.

Semoga tulisan saya kali ini bisa membantu, jika ia bermanfaat bolehlah saya minta tolong untuk disebarkan 🙂 [tag google adsense, wordads]

About these ads

2 Comment

  1. […] Baca: Monetisasi dengan Adsense […]

  2. […] Baca: Monetisasi dengan Adsense […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: