3 Faktor Memilih Lingkungan Perumahan Bersih dan Nyaman

Lingkungan perumahan merupakan faktor yang utama sebagai tolak ukur kita dalam memilih perumahan murah di Jakarta. Memilih perumahan murah seperti perumahan subsidi dari pemerintah berarti harus siap untuk beradaptasi dengan berbagai elemen masyarakat dari berbagai kalangan dan berbagai daerah. Mengetahui siapa yang akan menjadi tetangga kita menjadi penting karena hal ini sangat menentukan bagi kita (sebagai penghuni) apakah perumahan tersebut akan memberikan kenyamanan saat kita tinggal di perumahan tersebut. Maka tidak jarang banyak orang menganjurkan untuk melakukan survei terlebih dahulu sebelum perumahan asri yang diimpikan kita beli. Selain melihat tetangga yang akan menjadi keluarga dekat kita pembanding lokasi perumahan mana juga perlu dilakukan.

Dari berbagai saran yang saya terima dari teman-teman yang sudah membeli rumah setidaknya ada tiga hal yang harus kita perhatikan ketika memilih lingkungan perumahan.

1. Memilih Perumahan dengan Label Green Area

Apa itu perumahan dengan label green area?

Singkatnya perumahan dengan label green area merupakan perumahan yang memiliki kawasan hijau atau pepohonan. Dengan banyaknya pepohonan kita tidak hanya akan mendapatkan lingkungan yang asri dan teduh tapi juga akan memberikan kenyamanan karena pohon difungsikan sebagai penawar tingginya polusi seperti di Jakarta dan juga sebagai penyimpan cadangan air.

2. Sarana Pendukung di Perumahan

Rumah sakit, sekolah, pertokoan atau bahkan taman rekreasi merupakan beberapa sarana pendukung yang mesti diperhatikan saat kita memilih sebuah rumah. Sungguh tidak nyaman rasanya jika anak kita sakit dan membutuhkan pertolongan secepatnya rumah sakit terdekat malah berada di pinggir perbatasan Jakarta. Selain membuat si sakit menderita ada banyak ketakutan yang akan kita rasakan sebelum sampai ke fasilitas kesehatan tersebut. Sarana pendukung lain yang mesti diperhatikan adalah hadirnya sebuah taman umum. Kekurangan taman umum dapat dipastikan kita tidak tenang melepas anak dalam bermain padahal fase anak bermain tidak hanya bagus untuk tumbuh kembang fisik tetapi juga tumbuh kembang psikologisnya. Anak tidak hanya berlarian tetapi juga bersosialisasi dan menemukan teman baru. Beberapa contoh, perumahan murah di Jakarta mayoritas telah memiliki sarana pendukung tersebut.

3. Akses Lokasi Perumahan

Jakarta merupakan kota dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang sangat tinggi. Sehubungan dengan itu lebar jalan di Jakarta tidak sebanding dengan lajunya pertumbuhan kepemilikan kendaraan bermotor roda empat. Oleh karena itu sangat penting memilih perumahan yang setidaknya dapat dilalui oleh dua mobil.

Alasan lain kita mempertimbangkan akses ke lokasi perumahan adalah tingkat kepadatan lalu lintas menuju dan keluar dari lokasi perumahan akan membuat cukup kebisingan yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan untuk Anda sebagai penghuni perumahan. Tidak jarang saya mendapatkan saran dari teman untuk menggunakan jalan yang ada di perumahan Jakarta sebagai alternatif rute untuk pulang ataupun pergi ke kantor. Lebar jalan yang kurang cukup, juga dapat memberikan dampak akan kurangnya keamanan saat anak-anak bermain di lokasi perumahan.

Jadi Kesimpulannya

Ketika anda mendapatkan penawaran untuk menetap di sebuah perumahan yang asri kita harus melakukan survei langsung ke lokasi perumahan tersebut. Selain untuk mengetahui jika penawaran yang kita dapatkan bukanlah sebuah upaya penipuan kita bisa mempertimbangkan on the spot janji yang diberikan oleh developer on flyer atau di gambar ketika Anda lihat secara online melalui website.

Jadi, sekalipun perumahan yang ditawarkan murah untuk didapat memperhatikan kondisi-kondisi seperti green area, sarana pendukung dan akses lokasi tidak hanya meningkatkan kualitas hidup tetapi juga menjadi investasi di masa depan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.