About these ads

2015 Visi Baru, Fokus Baru, Sukses Baru

Hari Rabu yang lalu perusahaan saya bekerja mengadakan sebuah acara gathering marketing. Acara ini sebenarnya sudah rutinitas yang dilakukan setiap bulannya namun kali ini kemasannya berbeda. Jika sebelumnya acara gathering adalah hanya milik kepala cabang dan manager marketing, maka acara pada hari Rabu yang lalu seluruh elemen marketing dikumpulkan. Mulai dari Marketing Manager, Kepala Cabang, hingga staf marketing support dikumpulkan untuk mendengar resolusi 2015 dan juga kaleidoskop 2014.

Pertemuan ini sama seperti yang lalu-lalu dimana Manager Marketing dan Kepala Cabang diberi “wejangan” dari Direktur Utama tentang pencapaian target penjualan yang tidak terpenuhi dan oleh karena itu perlu di “motivasi”. Bedanya jika dulu DIRUT yang turun tangan memotivasi hari rabu yang lalu motivasi diwakilkan kepada seorang profesional. Jika sebelumnya perusahaan telah memanggil seorang Merry Riana yang fenomenal, maka hari rabu yang lalu motivator yang lebih senior didatangkan. Khrisnamurti nama motivator tersebut, mungkin beberapa orang telah mengikuti seminar dan membaca bukunya tapi saya baru pertama kali berinteraksi dengan beliau.

Sebagai motivator senior saya merasakan perbedaan antara cara pemaparan untuk meningkatkan motivasi dari dua motivator yang diundang ke kantor. Bedanya yang pasti adalah Merry Riana lebih feminim dan Bp. Khrisnamurti lebih maskulin (plaakk!!..digaplok yang baca, hahaha). Begini perbedaan yang disampaikan antara keduanya terkait dengan keadaan yang akan diubah. Merry Riana memberikan pelajaran dari pengalaman hidupnya untuk work very hard bahkan saya sampai menyimpulkan saya sedang diubah menjadi seorang yang ambisius sedangkan Bp. Khrisnamurti mengajarkan saya dan peserta yang lain untuk work very hard dan setelah itu ikhlas. Maksudnya anda dapat bekerja dengan sekreatif mungkin untuk mendapatkan target penjualan yang ditetapkan tapi setelah itu lepaskan tekanan untuk achieve tersebut ketika berada di keluarga dan juga teman-teman. Karena terkadang setelah kita berusaha dengan keras untuk menggolkan sebuah kerjasama dan itu tidak jebol, ketika kita beristirahat sebuah proyek datang dengan serta merta ke tangan kita. Ini yang sering saya rasakan ketika berbisnis online dengan model iklan.

Jika saya mati-matian mencari traffic ke blog untuk meningkatkan pendapatan alhasil pagerank blog malah jeblok, tapi jika saya tidak melakukan apa-apa dalam beberapa hari tanpa saya sadari peningkatan penghasilan dari hasil iklan naik hingga dua kali lipat. Ini hanya sekedar contoh yang saya rasakan dari pemaparan motivator Khrisnamurti.

Persamaan antara motivasi yang diberikan Merry Riana dan Bp. Khrisnamurti adalah pengubahan mindset, dan juga mimpi yang ditetapkan. Jika Merry Riana mengajarkan mencari mimpi Satu Juta dolar milik saya sendiri, maka Bp Khrisnamurti mengajarkan menetapkan visi yang jelas untuk dapat dicapai dan dievaluasi per waktu yang diinginkan. Dalam mengejar mimpi tersebut tentu tidak sedikit halangan yang ( to be continued..)

About these ads

Leave a Reply

%d bloggers like this: