About these ads

20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

Tulisan saya kali ini berkaitan dengan tulisan 15 hal yang harus diketahui sebelum masuk perguruan tinggi.

Kaitannya terdapat pada pertanyaan tentang pertanyaan bagaimana memilih perguruan tinggi bagi rekan-rekan yang akan kuliah.

Tulisan ini berisikan referensi perguruan tinggi terbaik menurut sebuah situs yang bertujuan untuk memberikan informasi terpercaya dan terbaru mengenai perguruan tinggi-perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan sumbangsihnya terhadap ilmu pengetahuan dan terapannya di masyarakat.

Berikut 20 Universitas Terbaik di Indonesia yang dapat anda pertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan anda.

  1. Universitas Indonesia
  2. Institut Teknologi Bandung
  3. Universitas Gadjah Mada
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Riau
  6. Universitas Brawijaya
  7. Institut Pertanian Bogor
  8. Universitas Padjadjaran
  9. Universitas Sebelas Maret
  10. Universitas Syiah Kuala
  11. Universitas Hasanuddin
  12. Universitas Airlangga
  13. Universitas Udayana
  14. Universitas Mercubuana
  15. Universitas Negeri Semarang
  16. Universitas Negeri Yogyakarta
  17. Universitas Ahmad Dahlan
  18. Universitas Sumatera Utara
  19. Institut Sepuluh November
  20. Institut Agama Islam Negeri Walisongo

Daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia tersebut diatas saya dapatkan di situs yang beralamatkan di http://www.webometrics.info/

Apa yang membuat situs ini layak menjadi referensi bagi anda yang akan memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikan?

Webometric adalah sebuah situs yang dikembangkan oleh Cybermetric Lab, yaitu organisasi yang dimiliki oleh Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang berpusat di negara Spanyol.

Tujuan dikembangkannya situs ini adalah untuk memberikan informasi terbaru, terpercaya dan bersifat multidimensi tentang performa situs perguruan tinggi di seluruh dunia yang dilihat berdasarkan ke-manfaat-annya di internet dan implikasinya untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan aplikasinya di masyarakat.

The Cybermetrics Lab sendiri merupakan bagian dari CCHS – CSIC yaitu lembaga yang berada di bawah Kementerian Pendidikan Pemerintah Spanyol. Lembaga ini sendiri mendedikasikan diri untuk memberikan analisa kuantitatif terhadap konten web yang berkaitan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan komunikasi antar cendekiawan/ilmuwan di berbagai bidang melalui penerbitan jurnal elektronik dan karya tulis ilmiah lainnya yang dapat diakses secara terbuka.

Bagaimana webometeric memberikan peringkat kepada perguruan tinggi di Dunia?

Seperti yang telah saya tuliskan diatas berdasarkan informasi di situs tersebut, peringkat yang diberikan oleh webometric berdasarkan manfaat yang diberikan oleh situs-situs perguruan tinggi dan juga implikasinya terhadap ilmu pengetahuan.

Jadi syarat pertama yang agar sebuah perguruan tinggi dapat diberikan peringkat adalah menerbitkan situs resmi.

Setelah syarat tersebut diatas terpenuhi maka dilanjutkan oleh kriteria kedua yaitu diterbitkannya jurnal ilmiah yang dapat diakses secara terbuka oleh setiap orang.

Jika anda melihat situs resmi perguruan tinggi yang terdapat dalam daftar 20 perguruan tinggi terbaik Indonesia versi webometrics diatas maka anda akan melihat beberapa penelitian ilmiah yang dapat dilihat hasil penelitiannya oleh publik di situs-situs tersebut.

Kesimpulan

Memilih perguruan tinggi terbaik untuk melanjutkan pendidikan setelah sekolah itu memang agak jelimet. Perguruan tinggi yang anda kenal di daerah anda belum tentu terbaik menurut beberapa orang. Semua bergantung pada kriteria yang anda gunakan dalam memilih perguruan tinggi tersebut.

Perguruan tinggi yang banyak melakukan penelitian dan juga mempublish kepada publik tentu merupakan perguruan tinggi yang terbaik. Setidaknya menurut webometrics.

Saya pun setuju dengan webometerics karena sebagai sebuah lembaga pendidikan, pengkajian, dan penelitian perguruan tinggi tidak hanya sebuah lembaga yang lepas dari masyarakat. Jika lembaga tersebut mempunyai efek positif bagi masyarakat sekitarnya tentu sebagai seorang mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi tersebut anda akan mendapatkan kebanggaan.

nb: Anda punya opini sendiri terhadap daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia? Silahkan menanggapi di kolom komentar yang ada. Dan tolong dibantu untuk disebarkan agar rekan-rekan yang lain dapat terbantu dengan hadirnya artikel ini. terima kasih 🙂

 

 

About these ads

8 Comment

  1. Agung says: Reply

    om? gimana caranya sastra inggris bisa jadi marketing support? bagi dong ceritanya 😀 saya sastra inggris juga ini

    1. kandra says: Reply

      dek agung juga mau jadi marketing support? 🙂

      1. Agung says: Reply

        Gak tau juga sih om hehe..cuma pengen tau aja prjalanan om bisa jadi marketing support gmana 😀

  2. […] (inspirasi untuk bikin postingan berasal dari  komentar Dek Agung di 20 Universitas Terbaik di Indonesia) […]

  3. Falla says: Reply

    Data tersebut terakhir diambil dari tahun berapa ya?

    1. kandra says: Reply

      Saya akses webometricnya belum lama buk.
      3-4 bulan lalu kira-kira.

  4. […] sudah menyampaikan perguruan tinggi terbaik di Indonesia tapi pembahasan itu secara umum, kali ini saya ingin membahas yang khususnya yaitu perguruan tinggi […]

  5. […] sudah membahas tentang 20 perguruan tinggi terbaik di Indonesia namun artikel tersebut sangat luas cakupannya. Karena itu pada artikel kali ini saya ingin […]

Leave a Reply

%d bloggers like this: