Cara Pandai Berbicara Bahasa Inggris

Ikuti cara pandai berbicara Bahasa Inggris dari admin pencaricerah.com agar kemampuan bahasa inggris anda meningkat dan temukan komunitas anda dalam situs

About these ads

Cara pandai berbicara bahasa Inggris ala admin pencaricerah.com.

Banyak rekan-rekan yang menanyakan kepada saya tentang bagaimana cara pandai berbicara bahasa Inggris supaya bisa masuk jurusan sastra inggris di postingan berjudul peluang kerja sastra inggris.

Sebelum melanjutkan tulisan tentang cara pandai berbicara bahasa inggris, saya ingin menekankan bahwa saya juga tidak terlalu fasih dalam berbicara dalam bahasa inggris. Tapi jika ada bule yang mengajak saya untuk bercakap-cakap saya bisa “melawan” bule tersebut.

Kebanyakan orang awam yang mendengar saya atau beberapa teman berasal dari jurusan sastra inggris seolah berpendapat mahasiswa jurusan sastra inggris itu adalah kamus berjalan jadi tanyakan semua kosa kata bahasa inggris pada mereka dan mereka HARUS bisa menjawabnya. Nah, disini saya ingin menjelaskan sedikit bahwa belum tentu mahasiswa yang kuliah di jurusan bahasa dan sastra inggris tersebut hapal semua kosa kata yang terdapat di dalam kamus, jadi jika ada kesalahan atau tidak bisa menjawab pertanyaan seyogyanya bisa dimaklumkan.

Oke balik ke topik pembahasan yaitu cara pandai berbicara bahasa inggris.

Disini ada dua kata kunci yang menjadi fokus pembicaraan kita. Pertama berbicara dan yang kedua bahasa inggris.

Setiap manusia diberikan anugerah berupa kemampuan untuk berbicara. Apakah berbicara melalui lisan ataupun berbicara melalui isyarat, intinya manusia diberikan kemampuan untuk berkomunikasi dengan sesamanya dengan cara berbicara. Saat ini pun saya sedang berbicara kepada anda. Hanya saja media yang saya gunakan adalah tulisan.

Kemampuan seseorang untuk berbicara atau berkomunikasi ini tidak didapat secara langsung tapi ada tahap-tahapnya. Bayi tidak bisa berbicara dengan ibunya sebagaimana anak umur 3 tahun berbicara dengan ibunya. Bayi berkomunikasi dengan ibunya dengan cara menangis dan ibu yang nantinya menerjemahkan tangisan tersebut untuk memenuhi kebutuhan si bayi. Cobalah tanyakan kepada ibu atau kakak anda yang kebetulan sedang mengasuh bayinya.

Tizi lagi curhat...#2mo3weeks

A video posted by fitri adriani (@v3adriani) on

Ibu pun tidak langsung mengetahui jenis tangisan tertentu dari bayinya berarti si bayi membutuhkan sesuatu. Ada proses menuju saling kepahaman antara bayi dan ibu. Dan proses saling memahami antara ibu dan bayi tersebut terkadang muncul dalam sebuah fenomena yang sering dikenal dengan baby blues.

Cara kita berbicara dengan sesama pun begitu. Ada proses yang kita lalui dalam mendapatkan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik. Ada proses pengumpulan kosa kata, ada proses pemakaian kata, dan ada proses pemilihan kata.

Saya sendiri tidak langsung bisa berbicara dengan bahasa Indonesia dengan lancar. Saya berasal dari Bukit Tinggi dan bahasa Minang adalah bahasa saya sehari-hari. Saat belajar bahasa Indonesia, saya mengalami kesulitan dalam memilih kosa kata yang harus saya berikan kepada lawan bicara saya. Dengan melewati proses belajar (bahasa Indonesia) dari sekolah dasar dan selalu menggunakan bahasa Indonesia hingga kini, saya tak lagi mengalami kesulitan saat harus berbicara dengan bahasa Indonesia baik dalam bentuk tulisan maupun lisan.

Begitupun dengan cara pandai berbicara Bahasa Inggris yang ingin saya sampaikan kepada rekan-rekan semua.

Kita harus mengakui bahwa bahasa Inggris bukanlah bahasa yang kita gunakan sehari-hari. Oleh karena itu jika tiba-tiba kita diharuskan untuk menggunakan bahasa asing ini maka kita akan kagok dan sangat kelihatan kalau kita tidak terlalu terbiasa dengannya.

Cara pandai berbicara bahasa Inggris adalah dengan kembali melewati proses ketika kita masih belajar berkomunikasi. Walaupun anda berumur tiga puluh tahun anda harus berproses seperti anak kecil yang baru bisa berbicara. Anggap saja diri anda adalah anak bule yang baru bisa bicara. Maka jika ada kosa kata bahasa inggris yang terdengar tidak tepat maka maafkan diri anda. Anak bule pun ketika lahir tidak langsung cas-cis-cus fasih berbicara dalam bahasa Inggris. Mereka melewati proses pengenalan akan benda, penambahan kosa kata, pemakaian kosa kata dan juga pemilihan kosa kata.

Jika anda ingin pandai berbicara bahasa inggris maka langkah kedua yang saya sarankan adalah bersabar. Kenapa saya minta anda bersabar? Orang Indonesia mempunyai sebuah kebiasaan buruk untuk meledek atau menertawakan seseorang yang tidak biasa. Mungkin anda pernah merasakan ledekan orang saat anda salah dalam pengucapan kosa kata bahasa inggris atau anda harus melihat kamus dulu untuk mengetahui apa arti dari sebuah kosa kata yang baru anda dengar atau lain sebagainya. Jangankan orang “luar” saya sendiri pernah merasakan ledekan dari teman-teman yang kuliah di jurusan sastra inggris untuk bahasa inggris yang tidak sempurna. Oleh karena itu sekali lagi yang saya tekankan mengenai cara pandai berbicara bahasa inggris ini, bersabarlah.

Proses ketiga dalam cara pandai berbicara bahasa inggris adalah meniru. Dengan banyaknya produk kebudayaan negara-negara barat yang umumnya menggunakan bahasa Inggris, langkah untuk meniru ini akan semakin mudah.

Meniru dalam konteks belajar bahasa inggris yang saya maksud adalah meniru pengucapan, intonasi dan penggunaan sebuah kosa kata dalam bahasa inggris. Hal ini dapat dilakukan dengan menonton filem atau mendengar musik dari aktor-aktor atau penyanyi yang anda sukai. Biasanya orang lebih mudah untuk meniru orang yang disukai daripada orang yang tidak disukai. Saya sendiri selalu belajar dengan menggunakan media filem, khususnya yang bersubtitle bahasa indonesia. Bagi saya dengan menonton filem saya mengumpulkan proses belajar bahasa inggris dalam satu waktu.

Ketika saya menonton filem berbahasa inggris saya bisa menambah kosa kata. Selain itu saya juga bisa mengetahui pemilihan kata dan penggunaannya dalam berkomunikasi. Kekurangan dari cara ini adalah anda akan kesulitan untuk berbicara dengan formal, karena filem biasanya lebih menekankan pada komunikasi informal.

Langkah terpenting dari cara pandai berbicara bahasa inggris adalah menemukan dan aktif dalam komunitas bahasa inggris. Dulu ketika kuliah saya dan beberapa teman dalam sebuah forum kajian keislaman berinisiatif membuat sebuah komunitas untuk belajar bahasa inggris berbentuk English Club. Dalam komunitas ini setiap peserta disemangati untuk belajar baik berupa komunikasi lisan maupun komunikasi verbal. Jika anda tidak mendapati sebuah komunitas maka anda harus bekerja lebih keras lagi untuk mencapai tujuan pandai berbicara dalam bahasa inggris setidaknya anda dapat bergabung komunitas dengan belajaringgris.net. Komunitas ini telah berkembang pesat dengan ribuan anggota terdaftar yang saling berinteraksi melalui jejaring sosial facebook.

Untuk menutup tulisan kali ini saya coba meringkas cara pandai berbicara bahasa Inggris:

  1. Jadilah anak kecil yang baru bisa berbicara
  2. Bersabar dalam melewati proses belajar
  3. Meniru cara bicara aktor/penyanyi yang anda sukai
  4. Dapatkan komunitas untuk belajar bahasa inggris bersama

Semoga tulisan cara pandai berbicara bahasa inggris yang saya sampaikan bisa bermanfaat.

Salam sukses

About these ads

3 thoughts on “Cara Pandai Berbicara Bahasa Inggris”

Leave a Reply