Peluang kerja sastra inggris, wajib baca!!

Dari situs maranatha saya dapatkan gambaran pekerjaan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan sastra inggris. Lapangan pekerjaan yang dapat mereka ambil/ciptakan adalah:
Jurnalisme (Wartawan, Editor, Kolumnis, dll), Penerbitan, Pendidikan (Guru, Dosen, Guru Les), Public Relation, Sekretaris, Periklanan, Penerjemah dan Interpreter, Pariwisata (Tour Guide, Biro Perjalanan), Entertainer ( Aktor, Penyanyi, MC), Penulis, Bisnis Ekspor / Impor dan Wiraswasta
lazada.co.id
Hal yang kurang lebih sama disebutkan oleh situs sanata dharma. Bidang perusahaan yang membutuhkan para alumnus sastra inggris adalah Lulusan program studi Sastra Inggris dapat meniti karir di perusahaan industri yang menuntut kemampuan berbahasa Inggris, yaitu menangani kesekretariatan (korespondensi, pelaporan dalam bahasa Inggris, penerjemahan), hubungan masyarakat (public relations), pelatihan personalia; di dunia pendidikan, yaitu mengajar baik sebagai dosen, guru, maupun instruktur bahasa Inggris dan menjadi penilti; di perusahaan media massa, yaitu menangani bidang penyuntingan (editing), penerbitan, dan jurnalisme, dan di lembaga swadaya masyarakat, yaitu ikut menangani pelatihan, pelaporan program.

untuk para alumni sastra inggris yang lagi kebingungan baca aja tuturan kata dari dini di sini

Baca juga :

Lowongan Kerja untuk Anak Sastra Inggris

Insight of How To Learn English

Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris; Internet Marketing

15 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi

Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui

 

Just Info

untuk yang ada pertanyaan silahkan masuk ke kolom komentar lalu isi form yang diperlukan dan jangan lupa berikan tanda centang pada box “Beritahu saya balasan komentar lewat surat elektronik” sebelum tombol “kirim komentar” di klik. thanks

About these ads

Tentang kandra wilko

Ex Mahasiswa Sastra Inggris UNP, bekerja di perusahaan asuransi nasional sebagai marketing support, ngeblog untuk menyampaikan uneg-uneg-- follow @khandrautama
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel, Kuliah Sastra Inggris dan tag , , , , . Tandai permalink.

193 Balasan ke Peluang kerja sastra inggris, wajib baca!!

  1. ANDOLIN SasIng USU '08 berkata:

    ya….semua tuh betul..

    sastra inggris adalah jurusan yg paling fleksibel..

    HIDUP SASTRA INGGRIS !!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

    • yogie berkata:

      hy andolin..
      aq yogi nak sasing unand padang..
      angktan 09 ini ..
      gmn mnrut andolin..peljaran..d sasing..
      apakah asyik atau gmn?
      cz aq br mo msuk.tgl 1 ne..

      Suka

      • nisa berkata:

        maap nh mau nanya , peljaran d sasing tu gmn sh ?
        mnarik gk ?
        apa aja yg d pelajarin ?

        Suka

      • kandra berkata:

        tergantung Universitasnya yah… sebagai gambaran gue kasih program kampus gue.
        Pertama lo bakalan belajar teori sosial dimana pengarang hidup dan tingkatan sosial.
        Kedua lo bakalan belajar sejarah bagaimana sebuah karya diciptakan oleh pengarang.
        Ketiga lo bakalan melihat bagaimana seorang pengarang mengkritik dengan sentilan atau pukulan telak terhadap budaya norma atau bahkan politik pemerintah.
        Keempat lo bakal menganalisa sebuah teks yang disebut dengan karya sastra

        Apa untungnya belajar hal-hal tersebut??? Bagi gue belajar sastra adalah belajar untuk memilih, lo tidak asal suka atau benci sesuatu sebelum lo memahami persoalan yang dihadapi.

        Ada yang mau menambahkan???

        Suka

      • jhonsen berkata:

        ambil sasing tuh pasti dijamin ga c pekerjaannya??
        trus pelnya ssah ga c??

        Suka

    • salmon sahat berkata:

      hallo kak,
      mau tanya ni apa kesulitan kita belajar sasing???
      trus, pa bda nya sama pendidikan b.inggris biasa….

      Suka

      • kandra berkata:

        apa ya kesulitan sastra inggris?? hmmm.. #mikirserius :p
        bagi saya kesulitan dalam kuliah di sastra inggris itu adalah menggunakan kemampuan untuk menganalisa dan membahasakan apa yang menjadi buah pikiran saya. Saat kuliah dulu dosen saya sangat memperhatikan kemampuan mahasiswanya dalam menganalisa, maksudnya setelah membaca sebuah karya sastra dosen saya ingin tahu apa yang dapat saya ambil dalam karya sastra tersebut. Saya harus memaparkan ide-ide atau nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra yang telah dibaca. Hati-hati memaparkan ide yang diambil dalam karya sastra tidak sama dengan menceritakan kembali karya sastra yang dibaca tersebut.
        Perbedaan antara sastra inggris dan pendidikan bahasa inggris sangat jelas yaitu kalau program pendidikan akan lebih banyak belajar tentang cara mengajar, metode mengajar bahasa inggris. Sedangkan untuk sastra inggris lebih banyak mengasah keahlian dalam analisa dan paparan terhadap sebuah karya sastra. Singkatnya skill yang didapat jika Salmon Sahat mengikuti program pendidikan maka Salmon banyak mendapat keahlian dalam mengajar sedangkan Sastra Inggris Salmon banyak berpikir dan menulis buah pikiran tersebut.

        Suka

  2. Kang Ali berkata:

    semua yang disebutkan diatas betul adanya,,sastra inggris memangjurusan yang mennteeebbbb…..
    Kang Ali, SasIng UIN ciputat-Jkt 09′

    Suka

  3. mei berkata:

    alhamdulilaaah…ternyata saya gag slh jurusan ambl sastra inggris..smoga lulusan sasra inggris jd orang mua..oce2x???mang tadinya bukan orang ya…?

    Suka

  4. sharah berkata:

    yuppp….ni jga ambil sastra inggris….
    suksesss…. wat org2 sastra inggris….

    Suka

  5. sharah berkata:

    sastra inggris??
    ehmmmm…calon mahasiswa sastra ni….
    sastra inggris emg kga da matinyaeee…hehehee

    Suka

  6. irawan T berkata:

    Hidup Jaya sastra inggris

    Suka

  7. yogie berkata:

    wah..q jd smagt ne..
    krna aq bru mo msuk kuliah jur sasing..
    kyanya tepat bget ne jurusan..wad aq.
    semoga QTa smwa yg jur sasing BErhasil n sukses..
    amin…
    wassalam
    yogie_09_sasing- UNAND padang

    Suka

  8. Ina berkata:

    English literature is the best choice for the people who can use the chances well. more you think, the more you get the rich

    Suka

  9. qomi berkata:

    waduuuh w juga!!!!

    Suka

  10. ayya berkata:

    sasTra inggris …nEver give’up..!!=)

    Suka

  11. radham berkata:

    sasing tu gmn y??????????? cz q bru mw cullyh n ambil sasing, plis help me

    Suka

  12. siti nurhayati berkata:

    jadi bener2 semangat ngejalani kuliah jurusan satra inggris…
    tapi kenapa msh banyak orang yang gk tahu prospek krjanya sastra inggris ya…???

    Suka

    • kandra berkata:

      orang banyak yang gak tahu karena, menurut gue lho ya, orang banyak terpatok dengan keadaan di sekitarnya. misal kalo orang di lingkungan rumahnya pekerja kantoran maka ia akan melihat menjadi pekerja kantoran dapat menyamakan status sosialnya dengan orang lain.

      Suka

  13. cia berkata:

    Wah..
    pekerjaan yg saya suka semua ^^
    saya juga ambil jurusan sastra inggris..
    soalnya, sastra itu keren banget en bahsa inggris tuh gak ada matinya,pasti dipake dimana aja dan buat apa aja..
    sukses terus buat blognya en smua yg ambl jur ini!
    thanks, GBU..

    Suka

  14. nisa berkata:

    sasing itu pelajarin ttg apa aja sih ?
    ak mahasiswi bru thun ini d fak sasing universitas brawijaya .

    Suka

  15. Rehan berkata:

    Gak salah qu masuk di Sastra Inggris UNHAS

    Suka

  16. lutfi berkata:

    bagi2 info ya sesma jurusn .. bt jd yang terbaik!!!!

    Suka

  17. caroline berkata:

    saia mahasiswi jur sastra inggris smester II di salah satu universitas swasta terbaik di Jogjakarta. Saya saya yakin smua yg ditulis di atas ada peluang buat kita yg mengambil jurusan sastra inggris, tapi saya yakin bukan hanya sebatas itu saja tapi masih banyak peluang kerja yg menampung orang2 sastra inggris, misalnya cso di Bank dll.
    keep on fire
    Gb

    Suka

  18. norman rahadianza berkata:

    saya maba sasing undip,
    kalo seneng bisa masuk sasing ..
    emang saya suka ma inggris, pokoknya inggris ga ada matinya .. :D
    keep move on !

    Suka

  19. marthin berkata:

    leeeggghaaa…..
    ikut snmptn lulusnya d sastra inggris,
    sempat khawatir dengan peluang kerjanya nanti,
    setelah baca artikel ini,
    jadi semangat neh…
    hahahha

    Suka

  20. Emi Tanaka berkata:

    tapi ada yang bilang kalo sasing susah kerja.
    Penerjemah gak banyak lah yang perlu.
    Guru,akta 4 sudah mlai dikurangi.
    aku pengen bgt ambil sasing.

    Suka

    • kandra berkata:

      Emi,yang harus di set adalah sasing adalah jalur untuk karir anda kelak. Mungkin sebagian lulusan sasing susah nyari kerja tapi kondisi itu jangan disamaratakan. Banyak pilihan karir bagi sasing selain penterjemah dan guru. Lulusan sasing bisa berkarir di bidang personalia,di bagian marketing atau reporter. Sasing sebagai sebuah penjurusan adalah jalur untuk karir.
      Sebuah pemikiran yang sederhana pernah saya dapatkan dari dosen yaitu mengubah cara berpikir ketika kuliah. Anda jangan berpikir kuliah untuk kerja tapi kuliah sebagai pemoles skill anda menuju dunia kerja.

      Suka

      • Jempol Cantengan berkata:

        “kuliah sebagai pemoles skill anda menuju dunia kerja”
        like nh sama kata2 nya…sukses selalu gan !!!

        Suka

      • titut berkata:

        salam ..ka “x
        duuuuhhh kyaky thun dpan jd thun pling mndebarkn hati q .
        kax ,dri dlu q tuch minat betz ma sastra ..indonesia tp ,heeeheeee truz stelah q krj kluar negeri q jd demen ma yg mnamanya bhsa inggris .truz thun dpan q mulai msuk d sasing UT ,krna q jd tkw jd hny tuap minggu kul.
        mnurut kakax gmn cray q bsa ngejar mata kuliah dng baik lau wktu q cma dikit buat blajar ?
        thanks ..

        Suka

      • kandra berkata:

        hai titut..
        wah dirimu menjadi tkw ya.. semoga berkah dan dilindungi ya di negeri orang. Titut jangan lupa orang sukses itu adalah orang yang selalu bekerja keras dan pintar memanfaatkan waktu. Cobalah baca masa kecil orang besar seperti Prof. DR. Ing. Habibie. Membaca perjuangan mereka untuk bisa melewati masa-masa yang penuh kesempitan pasti akan menambah inspirasi dan semangat dalam menjalani aktivitas kita saat ini. Dalam hal ini titut harus memaksimalkan sedikit waktu yang dipunyai untuk bisa menyelesaikan studi dalam waktu yang singkat lalu melanjutkan ke jenjang pendidikan / kehidupan yang lain.

        I pray all the best for you

        Suka

  21. ex-orgil berkata:

    halo kakak2,saya anak sma kls 3 yg masih galau (?)..tadinya ortu ngijinin sasing tp yg penddikan,biar bs jd guru. Pas sy mau dftr di univ. yg ga ada pndidikan (jd sasing aja gt) papa ga stuju. ktnya kerjanya jd apa? hari gini orang bs bhasa inggris udh bejibun..bs2 kalah ama anak teknik ato komunikasi yg jago bhs inggris..nah yg ingin sy tnyakan,klo untuk jd guru itu harus llusan yg pnddikan ya? (jd hrus S.Pd gtu?) kalo yg ngga,gmna? guru2 skolah swasta,guru honorer,guru bimbel,les gtu juga harus yg lulusan pndidikan apa gmn?
    ya intinya sih kalo lulusan sasing yg non-pnddikan apakah prospek kerjanya bagus?

    Suka

  22. sri berkata:

    haii,,sy jg nak sasing..
    bangga deh bsa jd nak sasing…
    sasing is the best choice…
    english is a good way to get the future:)

    Suka

  23. Angelina Lerintzo berkata:

    Hello my name is …… and I like to write a lot of articles in a virtual world called Second Life. I’m a very detailed person when it comes to literature and I assure you that I am determined to get any of the job. Once I am committed to something, I would do it as if the next day is 2012. I already work for a lot of people. I will send you a proper CV when you email me your contact. My avatar name is Angelina Lerintzo and you can google the name. If you are interested to work with me, email me to angelinalerintzo@hotmail.com. I do not want to put my name on the blog. So, I hope that you understand. Tenang saja, saya bisa bahasa indonesia dan juga inggris. Saya bisa berbicara di dua bahasa dengan jelas tetapi menulis di bahasa indonesia agak kurang sedikit. Saya akan mengirim CV apabila anda mengirimkan kontak supaya saya bisa menghubungkan ada juga. Terima kasih. Thank you for your time. :D

    Suka

  24. toni berkata:

    sasing bsa jd guru, ikut PPG.. heu..

    Suka

  25. riza berkata:

    Insyaallah gak nyesel ambil jurusan sasing. sastra inggris itu luassss banget dunianya klo qt bener2 buka mata hati. ^_^.. sasing is my blood… hehehe

    riza_sasing UNP-Padang’05

    Suka

  26. adit berkata:

    aku pengen masuk sasing unair. semoga snmptn besok diterima. amin :)

    Suka

  27. apel merah berkata:

    pengen masuk sastra inggris.
    semoga lulus SNMPTN
    amin

    Suka

  28. lalu adi berkata:

    The scholar of English literature department are very easy to find the job because in the modern era like now, English is needed in every job sectors. Hidup Sastra Inggris

    Suka

  29. Aguspen rudianto manurung berkata:

    sastr mang jurusan yg sangat pas buat anak” muda zaman sekarang ,,kita dapat mengeksplore segala sesuatunya denagan lebihjelas dan bahkan jurusan ini bisa dikatakan dapat menjamin mahasiswa’ untuk dapat peluang kerja yg lebih besar,,,,,,,

    paling kecilnya anak sastra bsa menjadii staff pengajar…

    Suka

    • yuda berkata:

      btulllllllllllll
      contoh krja pling tggi nya pa tu d sasing???????

      Suka

      • kandra berkata:

        pekerjaan paling tinggi Lulusan SASING apa ya?? ada anak sasing yang bisa jawab??

        Suka

      • cicikurnia berkata:

        haiiii…. sekedar share aja nii..
        temen2 seangkatan gw disasing pas lulus profesinya jadii beragam sekaliii… (kayak gado2)
        ada yg jadi IRT (itu karena suaminya ngelarang dia kerja), editor/penterjemah di POLRI, Diplomat & Local Staff KBRI di luar negeri, dosen, PR, wartawan, penulis novel, guru, sekretaris, tim kreatif di salah satu tv swasta nasional terbesar di Indonesia, PNS di kemenkumham bag. Imigrasi, ada yang lanjut S2 beasiswa ke Rusia n Turki (secara dua negara tersebut bukan English bahasa utamanya, kok bisa nyasar kesana yaa mereka…? ^^ ada beberapa yg di AUS), yang lebih oke lagii, tetangga gw sama2 anak sasing, dia jadi staff di Kedubes Amerika jakarta dengan gaji hampir 100juta/bulan (ngiler gw.. T_T)
        n gw sendiri berkecimpung di dunia pendidikan, sebagai Konsultan Pendidikan kurikulum internasional (Cambridge & IB) n merangkap juga jadi dosen…… :D (bukan berniat sombong, cuma sekedar share untuk motivasi..) :)

        so, buat temen2… sebenarnya jurusan apapun yang kita pilih, harus kita poles sebaik2nyaa.. tapi alangkah lebih indahnya jika memilih yang mudah dipoles… :P

        thank u…..

        salaam

        Kurniaa…. Sastra Inggris/FAH/UIN-Jkt

        Suka

  30. faradisa berkata:

    doain yah bisa msk SASTRA INGGRIS UNNES . Semoga aq bisa lulus snmptn besok ..
    Sastra inggris menarik bgt buat dpelajari :)

    Suka

  31. Darwin berkata:

    ga benar tuh….

    Suka

  32. Cherish Novhy berkata:

    Saya bru aja ketrima di jurusan sastra inggris unhas. Saya masih ragu tentang prospek kerja nantinya. tapi setelah baca ini, alhamdulillah sedikit dapat inspirasi n motivasi. Thank you so much, go English Literature :)

    Suka

  33. Dianadotter berkata:

    Klo masuk sasing apa harus bisa b.inggris dlu ato gmn?

    Suka

    • kandra berkata:

      masuk sastra inggris ga perlu bisa bahasa inggris dulu mba diana karena nantinya juga akan ada mata kuliah dasar bahasa inggris.. akan lebih baik jika kita punya dasar dulu untuk masuk jurusan agar saat kuliah kita ga bengong.. anyhow keep learning!!

      Suka

      • kadhe berkata:

        brrti klo msuk b.ing ga hrus mahir dlu ya b.ing,,,,trus gmana solusi bgi org yg suka bget b.ing tp dy sama skli ga ngerti b.ing,,?? tp dy pnya semngat kuat,,,??

        Suka

  34. nana berkata:

    Alkhamdulillah snmptn kmrn a q lo2s di sastra inggris undip..
    sempet ragu si,mau di ambil atau ga,…
    tp stlh bc artikl ni jd tambah mantap..
    hidup sastra inggris,..
    mba’ Dini…mksh ya…

    Suka

  35. ninanajwa berkata:

    please help kakak-kakak yang udah masuk di sasing. aku bingung nih, sasing itu apa bedanya apa pendidikan bahasa inggriss?? lebih susah ato gimana? tolong informasinya ya kaka, untuk jurusan sasing ini. thanksss

    Suka

    • kandra berkata:

      wah sepertinya ninanajwa keterima di kampus berlatar IKIP nih :) bedanya sasing dan pendidikan bahasa inggris itu terletak pada tujuannya kalo yang gw tahu ya nin.. kalo pendidikan bahasa inggris berarti nantinya nina akan difokuskan untuk menjadi guru bahasa inggris yang berkompeten, sedang untuk sastra inggris selain lulusannya juga bisa sebenarnya untuk mengajar tapi lulusan sastra dipersiapkan untuk lingkup profesi yang lebih luas, seperti wartawan, redaktur, atau skrip writer untuk televisi.. semoga jawaban gw menggambarkan perbedaannya ya

      Suka

  36. agung berkata:

    sastra inggris ,,sebeneranya sastra inggris itu lebih di butuhkan speaking nya pa gramar nya yaaa ?
    but ,i hope preferred in speaking because according to me that is the main of english ,,english is for comunication each other ,,,
    wlpn bnayak org ngomong lulusan sasing udh banyak ,,but is back to our self ,,how to use your english usefull for you ,,

    Suka

    • kandra berkata:

      Jangan takut dengan grammar karena grammar bisa dipelajari pelan-pelan, dan jangan takut untuk praktek berbahasa karena awalnya kita pun tidak bisa berbahasa indonesia atau bahasa daerah.. jika ada yang bisa bahasa asing lain boleh donk ajarin gw hehehe

      Suka

  37. yuda eka pramantau berkata:

    hidup sasing,.,.,,
    pa ssah sasing tu bang????

    Suka

  38. abdupmc berkata:

    saya sekarang masuk UB 2011 jur. sastra inggris. saya tahu saya minat dan berbakat di jurusan ini, karena sy sngt senang sekali mempelajari bahasa inggris. dan apapun omongan org, ttg susah cari kerja dan sebagainya, jangan dihiraukan, yg penting kita melakukan yg terbaik. kerja itu gampang karena “jika ada jalan pasti ada kemauan”, dan menurut saya yang penting adl ilmunya. kuliah bukan semata-mata hny sekedar cari kerja, namun kt hrs menikmati proses perkuliahan didlmnya. dan jg peluang sangat terbuka lebar untk go Internasional. dan jika kt sudah mahir dlm bhs inggris, kita menjadi enjoy untk membaca artikel2 bhs inggris di Internet dan berbagai media lainnya.. sukses Sastra Inggris ^_^

    Suka

  39. eneng berkata:

    semoga aja Tuhan selalu memberikan jalan bagi teman2 yang mengambil jurusan sasing,,,amin..

    Suka

  40. vmarlany berkata:

    kadang ada orang yang meremehkan jurusan ini, padahal apapun jurusan yang diambil asalkan orang itu punya skill dan smart pekerjaanpun menanti, jadi tergantung orangnya juga, pendidikan tak selalu menjamin akan jadi apa orang itu nantinya

    Suka

  41. tholol... berkata:

    OMG…u hv to fuck out of that dept….^^ before u got the biggest fucking disappointment,OK

    Suka

  42. PRET berkata:

    OOO…I SUGGEST U BETTER OUT FROM THIS MOST FUCKING DEPARTMENT BEFORE U GET THE FUCKING REGRET LATER…..THE WHOLE OF UR FUCKING LIFE

    Suka

  43. Danny berkata:

    After i read this article, my passion and confidence is increased. Hopefully English Literature is a better decision for future. And i believe a job opportunities for EL scholar isn’t just which is mentioned in this article, but even more. Amiinnn

    Suka

  44. triya berkata:

    lok lulusan bhs sastra inggris bisa ga ya jd guru tetap(PNS) di skolah dasar????krn q kn msh honor ne di sd,,n lg nrusin kul jur bhs sastra inggris smster 5…ada isu2 lok bkn sarjana pendidikan ga bs dangkat jd guru tetap,,kcual;i ngambl akta 4,,scara akta 4 kn uda dhapuskan dr negara qta…q hrus gmn ya????ap pndah jurusan aja ke pendidikan bhs inggris brarti ngulang dr awal dunk kn rugiii???tlg clearin dunk…bingung sbnr e spt apa bnr ap ga???

    Suka

    • kandra berkata:

      hai triya.. let me clear some of your doubts..
      pertama jika kamu lagi bingung mau pindah atau tidak lebih shalat istikarah deh trus sedekah, semoga pilihannya setelah itu menjadi lebih mudah..
      kedua untuk menjadi seorang guru setahu saya emang harus ada sertifikat akta4 sebagai tanda kompetensi sebagai guru, tapi gw cari tau dulu deh gimana baiknya…maaf ya kalo kurang lengkap

      Suka

  45. efjakarta berkata:

    Info lowongan pekerjaan untuk rekan-rekan yang lulusan Sastra Inggris..

    Urgently needed for English Teacher Non Native for EF Jakarta
    Requirements:
    • Min. D3 (preferably majoring in English)
    • Preferably female
    • Excellent English skills
    • Available everyday between 2 pm-9 pm
    • Having teaching experience or teaching TOEFL experience will be an advantage
    • Please write the score if you took a test such as Cambridge Exam / IELTS /
    TOEFL (IBT or PBT) / TOEIC

    Preferably candidates living in North Jakarta, West Jakarta, South Jakarta, Serpong-Tangerang and Bogor.

    Please send your CV and cover letter, supporting documents and a recent photograph by email to:

    Contact person: Ms. Retha
    Email: efswara2@gmail.com

    On your application, please write that you find this vacancy from Pencari Cerah.com website

    Suka

  46. elf220994 berkata:

    aku Esti kelas 3 sma, salam kenal.. :)
    tanya donk, kakak2 yg udah lulus/masih kuliah sastra inggris, menurut kalian sasing itu susah gak si? mempelajari apa aja?
    aku pengen ambil sasing, tp bingung ntar peluang kerjanya gimana, dan english aku jg masih six and seven.. :(
    mohon dibantu ya kakak2.. :)

    Suka

  47. elf220994 berkata:

    kakak, minta uname twitternya juga donk.. :)

    Suka

  48. Dwinjay berkata:

    Kakak-kakak, saya rencana mau ambil sastra inggris univ. brawijaya… Mohon infonya, saya kan SMAnya program IPA, mau ke sasing pas kuliahnya berat gak? Maksudnya, kan gak terbiasa sm sejarah, takutnya keteteran gitu…

    Suka

  49. Ping balik: Cerita Larangan Lulusan Sastra Inggris Mengikuti Management Trainee Perbankan « PencariCerah

  50. khodijahumah berkata:

    hallo gue anak sasing juga ni skrg smester 2, dari semua comment gue sempet baca ada yg bilang akta4 udh diapus di indonesia, emang bener yaa ??

    Suka

  51. naya berkata:

    wah comentx sip .. sip . .:)
    banyak sasing Ub ya ..
    qw juga sasing Ub`11 . .

    oh ya .. bikin grup aja .. kusus sasing .. bwat saling share n tuker info .. :)

    Suka

  52. riekananda berkata:

    aku tertarik masuk sastra inggris tapi aku ngga begitu mahir bahasa inggrisnya..
    setelah baca prospek kerjanya jadi tambah semangat..
    terimakasih kakak.. :)

    Suka

  53. day berkata:

    tahun ini saya nyoba snmptn di unibraw, ngambil jur.sastra inggris. wish me luck ya kak ^^

    Suka

  54. Hana berkata:

    kaka aku mau nanya donk
    kalo anak smk juga bisa kan msuk SasIng?
    apakah yg bisa msk SasIng cuma anak IPS aja yg lbih bnyak bljr sejarah?
    secara anak smk kan jarang blajar sejarah? ips atau ipa’a aja dkit bngt?
    gimana donk?
    mohon pencerahan’a ya ka :’)

    Suka

    • kandra berkata:

      Hai Hana

      Untuk masuk ke sastra inggris sejauh pengalaman dan penerawangan saya, mahasiswanya tidak terbatas pada sekolah menengah umum saja. Jika Hana masih tidak punya kemampuan bahasa inggris yang cukup sewaktu masuk pun Hana akan dibekali dengan mata kuliah dasar bahasa inggris. sejarah yang saya maksud disini berkaitan dengan sejarah sastra baik di inggris maupun di amerika, jadi walaupun Hana berasal dari smk Hana pun bisa untuk menjadi mahasiswa sastra inggris.. Yang paling penting adalah persiapan Hana untuk menembus jurusan tersebut di Universitas yang menyediakannya.

      Ciao Hana, wish you all the best

      Suka

      • fahmadewi berkata:

        Hi agan2 ..
        Aku jg pengen ke sasing, tp aku gak tau banyak ttg sastra?trus gmn dong itu?
        Katanya kalo sasing itu sulit ya?
        Ak pengen bgt masuk sasing, gambaran kuliah smester pertamanya gmn?
        Ak takutnya klo gak bisa mengikuti trus malah ktinggalan..
        Inggrisnya harus mantab yaa?

        Suka

      • kandra berkata:

        sastra itu gampang-gampang susah sih kalo menurut aku, paling tidak kamu telah diperkenalkan pada sastra sewaktu sekolah. Pastinya kamu pernah belajar apa itu pantun, puisi, cerpen, dan novel. Kuliah sastra inggris hanya akan menguliti pelajaran yang kamu dapati sewaktu sekolah tersebut lebih mendalam. Sewaktu aku masih kuliah kuliah pertama yang aku dapatkan bukanlah tentang sastra yang aku sebutkan tadi, tapi lebih banyak ke arah basic bahasa inggris..

        semoga jawaban aku bisa menjawab pertanyaan fahmadewi

        Suka

  55. puput berkata:

    kaka mau nanya nih lagi galau banget masuk sasing apa ga???
    susah ga si masuk sasing buat aku yang b.ingnya masih pas-pasan??

    Suka

    • kandra berkata:

      to puput
      hai put.. masuk sastra inggris memang harus mempunyai basic inggris tapi bukan keharusan juga karena pada semester pertama atau masa orientasi mahasiswa baru, baik senior ataupun mata kuliah awal lebih banyak membahas basic bahasa inggris jadi bersiap-siaplah untuk bosan dengan tenses dan segala macam hal yang pernah kamu dapati sewaktu di sekolah..

      Suka

  56. reza berkata:

    nah gw hadir nih mahasiswa tahun akhir unand sastra inggris, angkatan 2008, jurusan linguistic gw bingung nanti kerja nya dimana :(.

    reza pratama sasing 08 unand padang

    Suka

  57. akkemdidy berkata:

    hai. *sok kenal*
    langsung aja deh ya. begini, saya tuh minat sama sastra inggris. tapi ortu saya -khususnya ibu- pengennya saya masuk kedokteran gigi sedangkan saya gak minat kedokteran. jadi saya harus gimana dong? tapi saya minat sama sastra inggris banget. kasih solusi dong yg baik hati :D

    Suka

    • kandra berkata:

      halo juga marina
      kebetulan pertanyaan kamu juga dialami oleh teman saya waktu kuliah. Dia diminta ibunya untuk masuk jurusan kedokteran karena ibunya paham kalau dia punya kemampuan untuk itu. Jadilah dia masuk fakultas kedokteran dan sekarang dia telah praktek sebagai dokter umum dan akan mengambil spesialis. Pelajaran yang saya ambil dari teman saya tersebut adalah mengikuti keinginan orang tua tidak salah apalagi jika kamu punya kemampuan untuk itu. Bukannya saya berpihak pada ibu kamu tapi pelajaran hidup itu amat berharga dan saya pun membaca orang-orang sukses banyak yang mengikuti keinginan orang tua akhirnya ia bisa sukses. Mudah-mudahan Marina punya bukunya ippho disitu dijelaskan tentang betapa berharganya mengikuti kehendak orang tua.
      Saran saya untuk Marina coba bicarakan baik-baik dengan ibu Marina sambil dilihat track record kemampuan Marina. Jika kemampuan belajar Marina lebih kearah bahasa dan sastra, bicarakan dengan ibu agar nantinya ibu Marina tidak memaksakan kehendak yang akhirnya membuat masa kuliah Marina menjadi sia-sia. Banyak juga saya temukan teman sekerja yang bekerja tidak linier (artinya jurusannya apa, profesinya apa).
      Dari pertanyaan Marina saya menangkap bahwa sebenarnya ibu Marina menganggap lulusan kedokteran gigi akan lebih baik dalam mendapatkan pekerjaan setelah kuliah. Karena sudah pasti, Marina nantinya bisa buka praktek sendiri atau praktek di rumah sakit. Coba Marina ajak ibu melihat peluang kerja sastra inggris ini agar paling tidak ibu Marina mempunyai wawasan bahwa lulusan bahasa dan sastra inggris itu tidak kalah dengan orang lulusan kedokteran gigi.
      Saya doakan yang terbaik untuk Marina dan keluarga.

      Suka

  58. Arison, sasing 011 unand berkata:

    nama saya Arison hendra.. saya baru lulus di sasing. .
    tpi, bnyak orang yg bilang pada saya bahwa lulusan sasing itu susah banget nyari kerjanya. . . hal itu membuat saya “drop” sabagai mhsiswa sasing yang sedang kebingungan. saya mhon penjelasannya dari rekan2 semua, bener gak sih, sasing itu susah nyari kerjanya karna peluang untuk suksesnya minim??

    Suka

    • kandra berkata:

      hai Arison
      seharusnya lulusan UNAND jangan pesimis seperti itulah hehehehe… bukankah UNAND punya banyak alumni yang telah sukses menjadi bos di perusahaan-perusahaan besar??
      Arison mencari kerja itu gampang-gampang susah. Sastra Inggris apalagi. Namun jangan menjadi kecil hati dengan apa yang dikatakan orang, karena seorang sarjana sastra bisa masuk kemanapun (harusnya hehehe) bukan untuk membuat Arison tambah kecil hati karena bank mandiri waktu saya mengikuti sebuah jobfair yang diadakan oleh Jobsdb di Jakarta sastra inggris tidak diinginkan oleh bank dengan aset terbesar tersebut. Alasannya hingga saat ini saya masih belum mendapatkannya.
      Pekerjaan untuk lulusan sastra BIASAnya banyak di lembaga pendidikan seperti kursus namun itu bukan satu-satunya karena banyak kedutaan yang membutuhkan seorang lulusan sastra inggris sebagai penterjemah. Cobalah Arison perhatikan iklan di kompas sabtu, dan cobalah peruntungan anda disalah satu kedutaan.
      Bekerja di kedutaan sifatnya bisa sementara bisa permanen tergantung posisi yang Arison lamar. Jika bersifat sementara maka Arison akan diikutkan dalam proyek-proyek kerjasama antara kedutaan dengan pemerintah Indonesia, nah ini merupakan salah satu pengalaman yang akan membuat Arison lebih “berharga” di mata HRD perusahaan lain. Mengapa saya katakan berharga, karena perusahaan tersebut akan melihat networking Arison. Karyawan dengan networking yang bagus akan membuat nilai tambah.
      Mudah-mudahan Arison menerima saran saya dan dimudahkan Yang Kuasa untuk mendapatkan pekerjaan impiannya.. dan jangan lupa sedekahnya dikeluarkan :)

      Suka

      • pristi sativa berkata:

        kedutaan besar mana ka? aq mauuuuu…. mumpung msih smester 6 di sasing..cri cri info
        BSI is the best major I choosed…..keep on fire

        Suka

      • kandra berkata:

        aduh pristi mohon maaf saya baru online lagi, kemaren kedutaan besar Amerika di Indonesia buka lowongan. Ada tiga posisi untuk administrasi yang dibutuhkan, sayangnya tanggal 09 Mei 2012 lowongan tersebut telah tutup. Semoga dilain waktu saya bisa posting secepatnya info lowongan tersebut.

        Suka

  59. niren berkata:

    Hallo kaka..

    Tahun ini rencana mw nglanjut study,,
    Sempet bingung mau ambil jurusan apa..
    Klo mau ambil jursn sasing katanya itu udh gk jaman lagi, semua orang udh bisa b ingriss,,
    Udah umum..
    Tapi tetep ajh ketertarikan ku ma enlish tuh kuat.
    Sayang nya sih ka, aku gak pinter b inggris..
    Cuma sedikit banget..
    Jadi agak ragu untuk itu..
    Mungkin takut gk mampu.. Di pertengahn takut terhenti.
    Apalagi untuk usiaku yang udah cukup tua, aku gk mau ajh ntar jadi salah ambil jurusan.. Trus terpaksa ngulang2. Bisa2 peluang kerja untukku juga kecil.

    Apakah dengan basic ku yang tidak seberapa ini, gak membuuat aku rumit di kemudian hari ya ka??

    # soal peluang kerja yang tertera, spertinya kesukaanku juga.. Jadi gk bakal masalah buatku.

    Suka

    • kandra berkata:

      Niren

      Seorang mahasiswa bahasa inggris memang harus bisa dasar bahasa inggris. karena nantinya Niren dipersiapkan untuk dapat menjadi profesional, jika saat ini kemampuan niren sedikit pada beberapa universitas program sastra akan menyediakan dasar-dasar bahasa inggris untuk niren kuasai. Saran saya jika niren benar-benar menyukai bahasa inggris cobalah untuk masuk ke program sastra inggris agar kemampuan berbahasa niren lebih terasah. jika niren masih merasa bimbang lebih baik cari kuliah apa yang paling menarik untuk niren, karena jika kuliah dengan beban maka hasilnya tidak akan memuaskan karena setiap mata kuliah akan menjadi momok menakutkan untuk Niren.

      Semoga jawabannya membantu ya :)

      Suka

  60. basofi berkata:

    Haloo .
    kaka2 mau tanya sbenernya belajar d fakultas sasing it ngebosenin ga sih ? Trus peluang kerjanya bisa di bank atau perusahaan ga sih?
    Jujur,tahun ini ikut snmptn tpi binggung mau ngambil Sastra atau Prndidikanya ,soalnya kakak atasan saya ngenjurin masuk pendidikanya karena kata mreka peluang kerja sastra minm.:(
    mohon penjelasanya kaka2 sekalian..Makasih :) GB

    Suka

    • kandra berkata:

      halo basofi

      belajar itu pasti ada bosennya namun kamu harus melawan rasa bosan itu untuk mendapatkan kesuksesan, seorang pemikir cina menceritakan bahwa

      ilmu itu seperti merajut benang menjadi kain lalu kain itu dirajut lagi menjadi kain dan terakhir kain tersebut diolah lagi dan menjadi sebuah pakaian yang indah.

      Basofi yang bimbang

      Program pendidikan bahasa inggris dipersiapkan untuk menjadi guru profesional dalam mengajar mata pelajaran bahasa inggris dan Indonesia membutuhkan banyak guru mata pelajaran ini. Perbedaan program pendidikan dan murni (baca: sastra) adalah pada kedalaman ilmu dan fokus dari masing-masing program. Program pendidikan membuat pilihan bidang kerja Basofi hanya sebagai pengajar atau guru berbeda dengan sastra inggris yang mempunyai keluasan lingkup atau bidang profesi yang akan dijalani.

      Seperti kedutaan besar negara asing di Indonesia, mereka butuh lulusan bahasa dan sastra inggris untuk lebih memahami masyarakat dan sosial masyarakat Indonesia.

      Semoga jawaban saya dapat memberi sedikit pencerahan pada Basofi.

      Suka

      • basofi berkata:

        Waaah.
        Thanks banget infonya ka kandra, infonya sangat membantu saya untuk memilih jurusan di Snmptn nanti..
        Semangat Niat untuk ngambil fakultas sasing USU tercapai ..Amin :))

        Suka

  61. M. Riesky Permana Putra berkata:

    Thanks banget yaa atas penjelasannya, q bener – bener lega setelah baca nya! q jadi ga khawatir lagi mengenai minat saya di sastra inggris, rencana q tuk berkuliah di UGM , kalo gak ke UNPAD amiin .
    soalnya kebetulan q lagi bingung masalah jurusan di SMA , sekarang q dah gak ragu lagi …., q akan ngambil jurusan BAhasa si SMA .

    Suka

  62. dara berkata:

    ka kandra kan sasing nih? terus sekarang udh lulus ya?? terus sekarang udh kerja dimana kak? aku pengen tuh nanti prospek kerjanya di trading company kan. sedangkan sasing itu menjurus ke bahasa inggrisnyanya aja kan dan itu emg perlu banget apalagi untuk trading company. tapi untuk ke soal22 bisnis kan ga diajarin -__- huhu bingung sedangkan aku pengen ke trading yg lebih banyak mendalami bisnis.

    Suka

    • kandra berkata:

      Hai dara
      Aku sekarang kerja di asuransi sbg marketing..kalo kamu pengen di trading jangan masuk sasing tapi masuk jurusan bisnis,nah utk mengasah kemampuan bhs inggris kamu perlu kursus.

      Suka

  63. Anggun Putri K berkata:

    Assalamu’alaikum kakak”,
    saya Anggun dr Surabaya,tahun ini saya akan mencoba ikt SNMPTN jurusan S1 SASING-UNESA,,
    Mohon doanya yaa kak,cz drdlu tertarik sma prodi jurusan tsb,,, Syukron :)

    Suka

  64. Ika Sari berkata:

    Hai ka,
    mau tanya neh tentang matpel jurusan Sastra Inggris itu apa aja & menurut kaka susah-susah gag?
    COZ aku ini lulusan SMK Adm.Perkantoran. Menurut kaka cocok apa ga ? en satu lagi aku sangat, sangat minat sama Bahasa Inggris. tapi, aku kurang menguasai, apalagi speaking.
    sekarang aku udah daftar kuliah di salah satu Universitas di Yogyakarta & milih jurusan Sasing,
    oiya, apa bisa kuliah dijurusan Sasing ini sambil kerja ? Dan kerja apa yg cocok ?
    Tolong sarannya kak, Tx sebelumnya :)

    Suka

    • kandra berkata:

      hai ika… di Jogja kamu kuliah di UGM ya?? hahaha… maaf yogya pasti banyak universitas yang bagus lain dari tempat saya di padang yang hanya mempunyai beberapa kampus skala kecil..
      tentang mata kuliah (bukan mata pelajaran ya neng hehehe) sebenarnya tergantung masing-masing universitas, kebetulan saya dulu ngambil sastra Inggris di univ. negeri padang disana untuk menamatkan studi sastra inggris ada beberapa mata kuliah wajib fakultas dan beberapa mata kuliah tambahan yang harus diambil. Mata kuliah wajibnya seperti Intensive Course pada awal semester, mata kuliah ini bener-bener mencampur adukkan perasaan saya ketika kuliah sasing karena bobotnya 18 sks. Di mata kuliah ini kemampuan bahasa inggris saya dan teman-teman di gojlok habis-habisan, bayangin aja satu hari full dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore belajar bahasa inggris standar. Maksud saya standar adalah belajar apa yang pernah dipelajari waktu sekolah dulu yaitu tenses, gerrund dan lain-lain. Namun yang paling menarik adalah saya mendapatkan guru yang langsung berasal dari Amerika Serikat (prof Kyle Devlin, sama satu lagi cewek saya lupa namanya hehehe).
      Mata kuliah tambahannya seperti Journalism, Business English dan lain-lain. Namanya juga tambahan jadi ika bisa ambil atau tidak. Seperti itu lah kira-kira gambaran mata kuliah di sastra inggris.
      Kuliah sambil kerja pastinya bisa asal ika pandai membagi waktunya..kalau kerja yang cocok biasanya yang saya liat dari teman-teman di kampus ya jadi guru les bahasa inggris untuk anak-anak atau anak sekolahan.. kalau saya dulunya mencoba untuk menterjemahkan beberapa bahan untuk presentasi S2 karena saya tidak bisa mengajar hehehe… dan pekerjaan menterjemah tersebut juga membuat saya belajar yang kadang berbeda dari jurusan saya hingga menambah pengetahuan wkwkwkwkw… ya seperti itulah kira-kira gambarannya ika, jadi semoga tetap semangat yaaa

      Suka

  65. runa miko berkata:

    wah…
    bagus banget kak kandra…
    memank anak sasing itu gk bsa diremehkan :D
    salam dari saya anak sasing USU :D
    jaya anak sasing…

    Suka

  66. nezhafath berkata:

    Kak kandra keren deh mau bales-bales komen kita-kita ._. sukses ya kak. p.s : halo, saya maba sasing unair :> bismillah

    Suka

  67. Abdy Ichsan berkata:

    ka belajarnya gimana sih masih bingung pertama tama langsung b.inggris gitu ? huaaah

    Suka

    • kandra berkata:

      jangan bingung Abdy… kalo bingung ambil gayung trus mandi deh :)
      belajar itu ga bisa ditangkap semua (kalo bisa langsung lebih baik) tapi harus sedikit-sedikit dulu.
      Belajar dulu bahasa inggris, trus gunakan sendiri untuk memahami artinya dan terakhir practise and practise…

      Suka

  68. pilihanberbeda berkata:

    saya mahasiswa pendidikan bahasa inggris di UNP, sep kita tahu mahasiswa pendidikan bahasa inggris itu dipersiapkan untuk jadi guru,,,,,,,, emang yang kependidikan ama non kependidikan itu apa bedanya???????? trus apa ada pekerjaan lain yg bisa didapat Spd(khususnya b ing) kecuali jadi guru

    Suka

    • kandra berkata:

      hi pilihan berbeda

      wah jarang-jarang saya mendapat kunjungan dari anak unp (FYI saya tamat dari UNP juga loh). Nah pilihan berbeda, saat ini kamu sudah dipersiapkan untuk menjadi guru. Itu tujuan dari program kependidikan bahasa inggris. Jika kamu tidak ingin hanya menjadi guru selepas menyelesaikan pendidikan di UNP mungkin kamu harus mengasah keahlian kamu yang lain. Selain menjadi guru bahasa inggris kamu bisa menjadi trainer-trainer lembaga-lembaga motivasi. Sebagai bocoran peluang trainer untuk kamu yang yang berasal dari prodi kependidikan bahasa inggris di Jakarta banyak loh.

      Suka

  69. Johannes Siregar berkata:

    gw anak sastra inggris UKI angkatan 2011 . wah jurusan sasing paling WENAAAAK !! MANTAAAAAP pokoknya haha :D

    Suka

  70. Enno berkata:

    ka, saya enno..
    kampus ku emang terbilang lumayan jauh sih sama kampus” diluar balikpapan dlm hal materi atau brand image nya..
    mau tanya , peluang besar utk bisa bergabung dgn pers. asing itu jurusan sasing sebenrnya dpt chance di bagian apa ?

    Suka

  71. Olivia berkata:

    saya mahasiswa jurusan b.inggris prodi pariwisata tapi program DIII, baru sem 3 sih, mau lanjut S1, tapi gk tau mau kmn. bisa gk lanjut ke sastra inggris ?

    Suka

  72. dinda berkata:

    kak kandra, skrg kerja dmn? kalo mau kerja di perusahaan biasanya untuk sas.ing cocoknya di perusahaan apa ya kak?trs bagian apa?

    Suka

    • kandra berkata:

      hai dinda..
      saat ini saya bekerja di perusahaan asuransi syariah..ada banyak kesempatan yang bisa dinda dapatkan jika dinda bisa menguasai salah satu hal terpenting dalam pelajaran bahasa inggris.. yaitu komunikasi, sayangnya di kampus saya kuliah yang mengkhususkan untuk komunikasi hanya beberapa seperti speaking, public speech something like that. sedangkan saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan marketing komunikasi. posisi ini simpelnya berperan sebagai jubir perusahaan yang sekaligus sebagai sales untuk produk yang ditawarkan perusahaan.

      Suka

  73. fredi berkata:

    kak saya mau tanya, kok kakak bisa bekerja di pers.asuransi sbg marketing? n mau tanya lg ,kalo lulusan sasing apakah bisa kerja bagian sekretaris di kantor2 gtu, or jd pegawai staff d pers. swasta gtu, daftarin jd pns dibidang pariwisata gtu? sorry tanyanya banyak :)

    thanks perhatianya :D

    Suka

    • kandra berkata:

      hai fredi,
      kenapa ya saya bisa bekerja sebagai marketing di perusahaan asuransi?? hmm saya juga bingung tapi nanti akan saya coba memberikan kisah saya. Untuk pertanyaan Fredi yang kedua saya bisa mengatakan bahwa “Ya Anak Lulusan Sasing BISA menjadi Sekretaris.” Namun sekretaris dalam konteks ia adalah seorang Personal Assistant. Teman saya ada yang mempunyai profesi seperti itu. Karena Sastra Inggris menitik beratkan keahlian dalam berkorespondensi dan juga berkomunikasi dalam Bahasa Inggris maka tentu perusahaan atau expatriat yang bekerja di Indonesia ini memerlukan Personal Assistant. Menjadi PNS pun bisa, teman saya yang di Padang kebetulan bekerja di Departemen Pariwisata sebagai PNS.
      Jika Fredi minat terhadap bidang jurnalistik, maka banyak juga media-media asing yang membuka sindikasi di Indonesia yang memerlukan kemampuan seorang lulusan Jurusan Sastra Inggris. Dan harus dicatat untuk saat ini jika hanya mengandalkan gelar saja tidak cukup. Fredi juga harus mencari keahlian lainnya yang bisa memberikan nilai lebih pada seorang Fredi. Tidak sedikit jurnalis yang berasal dari jurusan akuntansi, matematika, atau yang lain lebih menguasai bahasa asing ini daripada lulusan sastra inggris sendiri. Hal ini terjadi karena lulusan sastra inggris lebih berorientasi pada pekerjaan yang akan didapat dari pada meningkatkan kemampuan pribadinya sendiri.
      Jadi fredi my advice, don’t limit yourself. Jangan jadi katak dalam tempurung.
      Semoga berhasil dan sukses selalu

      Suka

  74. Dena berkata:

    Assalamualaikum kak.
    Kak, mau tanya. Bagusan mana sih D3 sama SI Sasatra Inggris? Terus prospeknya tinggi yang mana? Kalo bisa sebutin sekalian ya kak prospeknya jadi apa aja. Trus kalau D3 gitu biasanya bisa langsung direkrut perusahaan gitu gak? Bisa ke luar indo gak? dan ada beasiswa ke luar indo gak sih biasanya kak?
    Saya bimbang milih jurusan ini, takut ntar gak ngejamin dan prospeknya rendah dan akhirnya nganggur. Kasian ortu saya ==v

    Suka

    • kandra berkata:

      Hai dena
      Klo kita liat rumusan perguruan tinggi sebaiknya dena pilih S-1 saja. D-3 itu klo tujuan yg dirumuskan pemerintah diharuskan menjadi tenaga ahli sedangkan S-1 tujuannya agar jd tenaga profesional di bidangnya.
      Klo dilingkungan sy bnyk loh anak lulusan D-3 akhirnya ambil kuliah S-1 lagi. Jadi klo bs langsung S-1 knp ambil D-3? Itu hny masukan saja untuk Dena.
      Trus prospek bekerja. Lulusan sastra inggris itu bnyk loh yg minta. Hanya saja skrg bhs Inggris tdk hanya dikuasai oleh org lulusan sastra inggris jurusan selain sastra inggris pun bnyk yg lbh menguasai bhs inggris dan prospek diterimanya akhirnya membuat perusahaan meminggirkan lulusan sastra. So, selain mendalami sastra dan bahasa inggris dena harus memiliki keahlian yg lain. Akuntansi misalnya atau komputer??
      Mengenai beasiswa keluar negeri saya belum memiliki informasi yg akurat. Selama ini informasi yg sy dapatkan berasal dari pencarian google. Namun saya janji begitu ada informasi beasiswa akan segera saya beritahu.

      Suka

  75. Ping balik: Bagaimana cara mudah pintar bicara bahasa inggris « PencariCerah

  76. azzuhruf berkata:

    wah… keren keren nih komentarnya. Banyak memberikan saya pengetahuan tentang sasing. Thanks for the information. Mohon doanya juga ya, saya juga mau ambil jurusan bahasa inggris. :D

    Suka

  77. indah permata sari berkata:

    kak’ maksud atau bedanya sarjana sastra atau sarjana linguistik itu apa sih??

    Suka

    • kandra berkata:

      bedanya hanya pada fokus pendalamannya.. sasjana sastra pastilah lebih fokus kepada karya sastra, sejarah di sekitarnya dan juga keadaan sosial kemunculannya (contohnya ya) kalo sarjana lingusistik lebih fokus kepada bahasa, apakah itu tentang semantik, phonetic, dan lain-lain.
      dulu saya mengambil fokus ke sastra karena nilai introduction to literature saya lebih bagus daripada introduction to linguistic. dan teori pengkajian sastra ternyata juga ada yang berasal dari teori-teori linguistik seperti semiologi namun fokus teorinya lebih untuk membedah karya sastra bukan untuk membedah bahasa yang dipakai seseorang/sekelompok orang.

      Suka

  78. jaya berkata:

    awal nya saya mau mau msk mipa tp jadwal kuliah yg saya pilih yaitu hr sabtu g ad jd saya pilih sasing berharap semoga jurusan ini yg terbaik bwt prospek k depan nya. Amin

    Suka

  79. jaya berkata:

    hidup sastra inggris

    Suka

  80. qnto berkata:

    wahh mantap ni bisa berbagi info di sini n tujuan ambil jurusan sasing

    Suka

  81. David berkata:

    Saya fasih dan mahir berbahasa inggri krn sehari hari saya berbahasa inggris, tp saya cuma lulusan sma, dan skr butuh bnget pekerjaan, gmn cr nya y, mungkin dsini ad yg bs bntu…. terima kasih

    Suka

  82. Kaka saya mahasiswi STKIP PGRI Sda,jurusan pendidikan bahasa inggris :).Sebetulnya saya diterima d salah satu PTN jur Sastra Inggris.Tidak saya ambil krn keterbatasan biaya :(,Yang saya tanyakan,Apakah lulusan PTS prospeknya juga bagus?kadang saya khawatir kak kalo nantinya bukan IPK saya yg dilihat tapi lulusan mananya??? tolong kasi sarannya yak,,Ok,Thanks!!!

    Suka

    • kandra berkata:

      Halo roro

      maaf saya baru bisa balas.. memang ada kepercayaan lulusan universitas tertentu akan memudahkan dalam mendapatkan pekerjaan, tapi bagi sebuah perusahaan yang dibutuhkan adalah karyawan yang siap kerja bukan lulusan dari perguruan tinggi yang mana.
      Pernah saya mendengar seorang HR yang menyayangkan karyawan yang ia terima dari perguruan tinggi terkemuka akan tetapi tidak bisa mengikuti ritme dan beradabtasi dengan lingkungan kerjanya.. kecerdasan emosinya tidak sesuai dengan kecerdasan intelektualnya. Jadi roro ga usah khawatir yang paling pasti roro harus meningkatkan kapasitas diri baik secara intelektual maupun secara emosional spiritual.

      Suka

  83. dutagaruda berkata:

    Dibutuhkan tenaga Administrasi untuk ditempatkan di Garuda Frequent Flyer (GFF) :
    Wanita
    S1/D3 , usia max. 25 tahun
    Tinggi badan min 160cm (proporsional)
    Berpenampilan menarik, mampu berbahasa inggris
    Familiar dengan Ms. office
    Mengerti tentang produk GFF (Garuda Frequent Flyer)
    Kirim cv & lamaran ke : agus.prayitno@dutagaruda.com
    (kode:ADM)
    *Diutamakan yang berdomisili di JABODETABEK

    Suka

  84. Ridwan berkata:

    Kalau Pendidikan Bahasa Inggris Gimana?
    Soalnya Sya Udah Terlanjur Ambil Pend Bhsa Inggris,,

    Suka

    • kandra berkata:

      Hai Ridwan..
      Ga masalah kalo kamu sekarang abil program kependidikan, jika kamu kurang puas kamu bisa pindah program non kependidikan tapi saran saya kamu pikirkan baik-baik lebih dahulu. :)

      Suka

  85. aying berkata:

    Kak saya mau nanya nih, untuk kedpannya antara linguistik sama sastra menurut kakaklebih luas mana?

    Suka

  86. aying berkata:

    Untuk prospek kerjanya maksud saya :-)

    Suka

  87. Sisca Lady berkata:

    Sasing itu menarik untuk dipelajari,,dan jurusan yg paling fleksible kalau kata gw :D
    Awalnnya dulu w kuliah, w kaget yg harus belajar ttg budaya dan ttg2 kesusastraan, tapi lama kelamaan mata kuliah Sasing itu menarik untuk dpelajari.. :D
    Nice major deh pkoknya!! :)

    Suka

  88. RARA berkata:

    Wah baca inihhh jadi termotifasiiii sekalii.. Padahal sblmnya gue ditnya tmen jurusan SASINg anani klo ud lulus jad apa ya?? Hadehhh.. gue kira cm bs jadi guru ternyata beragam ya! gue jadi bangga.. Ehh. pada dr kampus amana aja nih ? Aku br masuk di UNPAm (univ pamulang) ada yang kuliah disana gaakk ??
    kalo ada salam kenal yaaaa , <3

    Th

    Suka

  89. briza berkata:

    halo kak, ak mau minta bantuanya
    kalo mau tahu informasi loker penerjemah itu kmn ya kak? ak mahasiswa pend.ing smstr 3
    udh googling tp sering nemu yg berpengalaman atau fresh graduate, kalo nggak min. pend hrs s1

    Suka

  90. wah sayang banget baru baca ini stlh 4 tahunan aku ngambil sastra inggris. smoga adminnya masi buka ya. hehehe..

    (moved to this link)

    Suka

  91. Nita berkata:

    Bagi yang lulusan sastra inggris, sedang dicari receptionist &customer service untuk klinik kesehatan bertaraf international di Jakarta Utara. Syarat : wanita, penampilan menarik, max 30thn, ramah dan simpatik. Bisa kirim cv ke lowongankerjaklinik@gmail.com. Teri,a kasih.

    Suka

  92. azrina a berkata:

    ka kalo masuk sasing itu, nilai rapot inggrisnya harus gede ga sih?

    Suka

    • kandra berkata:

      Ga juga kok. Nilai rapor bahasa inggris ga terlalu berpengaruh. Saat kuliah sastra inggris pada semester awal biasanya ada mata kuliah dasar kejurusan yang memperkuat kemampuan bahasa inggris seperti grammar, listening, speaking, writing, dan reading

      Suka

  93. ika berkata:

    gimana yo sasing itu? gak bisa sih tapi pengen bisa :)

    Suka

  94. Adhitya berkata:

    saya fresh graduate dari Sastra inggris Univ jenderal Soedirman Purwokerto. banyak pengalaman yang saya lalui dalam mempelajari segala hal baik di lingkup sastra maupun non-sastra. silahkan baca kelanjutannya pada link berikut testimonial :)

    Suka

  95. Ping balik: Testimonial Mahasiswa Sastra Inggris: Yang dipelajari adalah proses | PencariCerah

  96. Ping balik: Mata Kuliah Sastra Inggris | PencariCerah

  97. PutriExo berkata:

    kak untuk prospek kerja banyakan buat sastra inggris atau pendidikan bahasa inggeris?? mohon penjelasannya

    Suka

    • kandra berkata:

      Untuk prospek kerja tentunya sastra inggris lebih luas dibandingkan program pendidikan bahasa inggris. Lulusan pendidikan sastra Inggris akan menjadi guru, apakah itu guru di sekolah atau di lembaga formal/non formal lainnya. Program sastra inggris jenis profesi yang akan digeluti itu lebih luas. Jadi guru bisa, jadi pemandu wisata bisa, jadi wartawan bisa, jadi politikus bisa (by the way fadli zon dan indra j piliang adalah alumni sastra inggris). Intinya sastra inggris akan membuka setiap kesempatan bekerja untuk Putri Exo

      Suka

  98. vay berkata:

    semakin yakin ni dgn pilihanku…btw slm bwt almni sasing unflor 2008
    sasing jayaaaaa…

    Suka

  99. Ping balik: Selebriti Yang Kuliah di Jurusan Sastra Inggris | PencariCerah

  100. Ping balik: Peluang Kerja Nih Buruan!!! | PencariCerah

  101. Arum berkata:

    ka, untuk jurusan sasing univ yg bagus dimana ya? Dan untuk jurusan ipa di sma, apa bisa dpt jalur undangan kuliah sasing? Thank you

    Suka

    • kandra berkata:

      Halo Arum,
      Jurusan Sastra Inggris yang saya rekomendasikan adalah di Universitas Indonesia, saya sendiri mencoba untuk masuk ke sana di SPMB (ujian masuk perguruan tinggi di masa saya) namun tidak berhasil. Jurusan Sastra Inggris UI juga rekomendasi dari dosen saya sewaktu kuliah.
      Lalu kalau untuk IPA masuk ke jurusan sastra inggris melalui jalur undangan (PMDK mungkin maksudnya ya) kemungkinannya bisa saja karena teman sekolah saya yang IPA masuk jurusan sastra Inggris melalui jalur PMDK.

      Tapi jawaban saya itu karena patokan saya masih aturan ketika saya selesai sekolah, untuk aturan baru saya belum tahu. Semoga masih sama dan selamat mencoba :)

      Suka

  102. Ping balik: Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris; Internet Marketer | PencariCerah

  103. Ping balik: Blogging Tips That Trully Works on Pencaricerah.com | PencariCerah

  104. Arlin berkata:

    Untuk menambah referensi penulis dan rekan-rekan pembaca..

    Wah, kalau dibilang perbedaan sastra Inggris dan pendidikan bahasa inggris itu ya kembali lagi, seperti yang dikatakan mas Kendra di awal2, apa dulu universitasnya. Saya sendiri dari Pendidikan bahasa Inggris, tidak hanya belajar mengajar, tapi juga belajar menganalisa karya sastra seperti puisi, skenario, prosa, dll… saya juga belajar Humanistic studies, dan history of English Language, British studies, popular culture, dan literature and culture…

    Ada universitas yang sudah lama didirikan sehingga metode belajarnya masih yang jadul2, shingga ya hanya belajar metode mengajar, untungnya, saya belajar di universitas yang menerapkan metode belajar-mengajar di kelas dengan inovasi terbaru. Salah satu contohnya, untuk mata kuliah history of English Language, bentuk salah satu tugasnya adalah menganalisa salah satu skenario shakespeares (dalam bahasa Inggris kuno) dan menampilkannya dalam bentuk drama, ada juga yang mengubah puisi (juga dalam bahasa inggris kuno) menjadi skenario..

    Kami juga membuat eksibition tentang zaman kerajaan Inggris, dll..

    Jadi pintar-pintar memilih universitas, mungkin nama besar universitas tidak selalu menjamin mutu, menurut pandangan saya, justru bisa dilihat kalau universitas2 yang baru muncul-lah yang berani mencobakan inovasi2 terbaru dalam program-programnya..

    Sama seperti jurusan sastra Inggris, peluang kerjanya juga terbuka lebar, rekan-rekan saya juga bekerja di bidang yang beragam, ada yang penulis, HRD, pramugari, konsultan pendidikan, personal assisstant, kerja di british council, trainer, pokoknya bisa jadi apa aja, asalkan, kita punya prestasi yang bagus di berbagai bidang lain.. Mau jurusan sastra inggris, ataupun jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, peluangnya sama, asalkan selama kuliah nilai kita baik, dan yang paling penting perbanyak kegiatan organisasi, volunteer, pengalaman magang, dan perluas link dan wawasan, dijamin bisa jadi apa saja :))

    Suka

  105. Ping balik: Dosen Sastra Inggris Sebagai Pilihan Karir | PencariCerah

  106. Doni berkata:

    Hai kak, saya tahun ini baru mulai rencana untuk kuliah lagi setelah vakum 7 tahun setelah lulus smk saya memilih bekerja. Dan saya jatuhkan pilihan di salah satu pts di tempat saya, jadi sekalian bekerja dan tetep bisa kuliah. Yang saya tanyakan, apa di jurusan sastra inggris juga diajarkan basic – basic tentang ilmu manajemen juga? Apa pure cuma tentang sastra dan literatur inggris? Karena saya masih bingung kak, sy menyukai bahasa inggris dan berminat lbh mempelajarinya dan sy yakin bisa enjoy jika saya masuk sasing, tp orang tua menyarankan ambil manajemen. Beri pandangan dong kak, selain juga pertimbangan umur saya yg sdh menginjak 25 tahun, tentunya sy gak mau sampai salah ngambil keputusan ke depannya. Thanks a lot.

    Suka

  107. Ping balik: Doni: Kuliah di Jurusan Sastra Inggris atau Kuliah di Jurusan Manajemen? | PencariCerah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s