Peluang kerja sastra inggris, wajib baca!!

Peluang Kerja Sastra Inggris – Saya kuliah di jurusan sastra Inggris karena orang tua yang meminta saya untuk masuk ke jurusan bahasa asing ini. Saya sendiri sebenarnya menginginkan untuk masuk ke jurusan sastra perancis di Universitas Indonesia. Saya cukup beruntung karena bisa mencicipi kursus bahasa inggris dari awal masuk sekolah menengah pertama hingga sekolah menengah umum di Bukittinggi, Sumatera Barat. Karena saya bosan belajar bahasa inggris selama di sekolahan maka saya ingin hal baru yaitu belajar bahasa perancis.

Saya tidak terlalu memikirkan nanti pekerjaan lulusan sastra inggris itu apa waktu saya mendaftar ke Universitas Negeri Padang. Bagi saya masuk kuliah, belajar, mendapatkan teman baru, dan berorganisasi adalah hal-hal yang lebih saya perhatikan daripada nanti setelah kuliah mau jadi apa. Tapi kalau dibilang tidak punya rencana sama sekali pun tidak. Sewaktu masuk kuliah sastra inggris sempat kepikiran untuk berkarir di kementerian luar negeri atau menjadi staf di kedubes asing di Indonesia. Orang tua saya lain lagi keinginannya, mereka ingin saya menjadi guru. Profesi sebagai pendidik dalam mata pelajaran bahasa inggris menjadi momok menakutkan bagi saya, alasannya sederhana saya sering mengolok-olok guru bahasa inggris di sekolahan dulunya. Jadilah saya memilih sastra sebagai program studi di perkuliahan karena menghindari profesi guru.

Sekarang saya telah bekerja di salah satu perusahaan asuransi nasional di Jakarta. Dan bahasa inggris menjadi bahasa korespondensi sehari-hari, jadi untunglah orang tua sedari dulu meminta saya untuk memilih jurusan ini. Hobi saya menulis dan juga blogging pun terbantu dengan saya berkuliah di program studi sastra inggris. Silahkan baca tulisan saya mengenai peluang kerja lain untuk alumni bahasa inggris di link yang tersedia.

peluang kerja sastra Inggris menurut beberapa perguruan tinggi

Dari situs maranatha saya dapatkan gambaran pekerjaan bagi para mahasiswa yang mengambil jurusan sastra inggris. Lapangan pekerjaan yang dapat mereka ambil/ciptakan adalah:
Jurnalisme (Wartawan, Editor, Kolumnis, dll), Penerbitan, Pendidikan (Guru, Dosen, Guru Les), Public Relation, Sekretaris, Periklanan, Penerjemah dan Interpreter, Pariwisata (Tour Guide, Biro Perjalanan), Entertainer ( Aktor, Penyanyi, MC), Penulis, Bisnis Ekspor / Impor dan Wiraswasta

Hal yang kurang lebih sama disebutkan oleh situs sanata dharma. Bidang perusahaan yang membutuhkan para alumnus sastra inggris adalah Lulusan program studi Sastra Inggris dapat meniti karir di perusahaan industri yang menuntut kemampuan berbahasa Inggris, yaitu menangani kesekretariatan (korespondensi, pelaporan dalam bahasa Inggris, penerjemahan), hubungan masyarakat (public relations), pelatihan personalia; di dunia pendidikan, yaitu mengajar baik sebagai dosen, guru, maupun instruktur bahasa Inggris dan menjadi penilti; di perusahaan media massa, yaitu menangani bidang penyuntingan (editing), penerbitan, dan jurnalisme, dan di lembaga swadaya masyarakat, yaitu ikut menangani pelatihan, pelaporan program.

untuk para alumni sastra inggris yang lagi kebingungan baca aja tuturan kata dari dini di sini

Baca juga :

Lowongan Kerja untuk Anak Sastra Inggris
Insight of How To Learn English
Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris; Internet Marketing
15 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Masuk Perguruan Tinggi
Kuliah di Jurusan Sastra Inggris Yang harus Diketahui
Belajar dari kisah Doni: kuliah di jurusan sastra inggris atau kuliah di jurusan manajemen
Dosen Sebagai Pilihan Karir
Sastra Inggris Paspor Untuk Menjelajahi Segala Peluang Kerja
Kisah Ospek Mahasiswa Baru Jurusan Sastra Inggris
Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris Internet Marketer
Selebriti Dunia Yang Kuliah Di Jurusan Sastra Inggris
Tentukan Pilihan Kuliah D3 Sastra Inggris atau S-1 Sastra Inggris
MATA KULIAH SASTRA INGGRIS
– Computer Assisted Language Learning
– HUMANISTIC STUDIES
– HISTORY OF ENGLISH LANGUAGE
SASTRA DALAM PERADABAN ISLAM
Testimoni Mahasiswa Sastra Inggris: Yang Dipelajari Adalah Proses
Testimoni Mahasiswa Sastra Inggris Tentang Jurusan
Lulusan Sastra Inggris Sebaiknya Menghindari Bank Mandiri
Phonetics: Teknik Bahasa Inggris Dengan Mudah
Masuk Sastra Itu Menyenangkan Dan Belajar untuk Kritis
7 Tips Belajar Bahasa Inggris
Skype Aplikasi Untuk Memperlancar Berbicara Dalam Bahasa Inggris
The Plot Against America, Novel Yang Membawa Saya Jadi Sarjana

Just Info

untuk yang ada pertanyaan silahkan masuk ke kolom komentar lalu isi form yang diperlukan dan jangan lupa berikan tanda centang pada box “Beritahu saya balasan komentar lewat surat elektronik” sebelum tombol “kirim komentar” di klik. thanks

Tentang kandra

Ex Mahasiswa Sastra Inggris UNP, bekerja di perusahaan asuransi nasional sebagai marketing support, ngeblog untuk menyampaikan uneg-uneg-- follow @khandrautama
Pos ini dipublikasikan di Artikel, Kuliah Sastra Inggris dan tag , , , , . Tandai permalink.

204 Balasan ke Peluang kerja sastra inggris, wajib baca!!

  1. Ping balik: Peluang Kerja Nih Buruan!!! | PencariCerah

  2. Arum berkata:

    ka, untuk jurusan sasing univ yg bagus dimana ya? Dan untuk jurusan ipa di sma, apa bisa dpt jalur undangan kuliah sasing? Thank you

    Suka

    • kandra berkata:

      Halo Arum,
      Jurusan Sastra Inggris yang saya rekomendasikan adalah di Universitas Indonesia, saya sendiri mencoba untuk masuk ke sana di SPMB (ujian masuk perguruan tinggi di masa saya) namun tidak berhasil. Jurusan Sastra Inggris UI juga rekomendasi dari dosen saya sewaktu kuliah.
      Lalu kalau untuk IPA masuk ke jurusan sastra inggris melalui jalur undangan (PMDK mungkin maksudnya ya) kemungkinannya bisa saja karena teman sekolah saya yang IPA masuk jurusan sastra Inggris melalui jalur PMDK.

      Tapi jawaban saya itu karena patokan saya masih aturan ketika saya selesai sekolah, untuk aturan baru saya belum tahu. Semoga masih sama dan selamat mencoba :)

      Suka

  3. Ping balik: Peluang Bisnis Mahasiswa Sastra Inggris; Internet Marketer | PencariCerah

  4. Ping balik: Blogging Tips That Trully Works on Pencaricerah.com | PencariCerah

  5. Arlin berkata:

    Untuk menambah referensi penulis dan rekan-rekan pembaca..

    Wah, kalau dibilang perbedaan sastra Inggris dan pendidikan bahasa inggris itu ya kembali lagi, seperti yang dikatakan mas Kendra di awal2, apa dulu universitasnya. Saya sendiri dari Pendidikan bahasa Inggris, tidak hanya belajar mengajar, tapi juga belajar menganalisa karya sastra seperti puisi, skenario, prosa, dll… saya juga belajar Humanistic studies, dan history of English Language, British studies, popular culture, dan literature and culture…

    Ada universitas yang sudah lama didirikan sehingga metode belajarnya masih yang jadul2, shingga ya hanya belajar metode mengajar, untungnya, saya belajar di universitas yang menerapkan metode belajar-mengajar di kelas dengan inovasi terbaru. Salah satu contohnya, untuk mata kuliah history of English Language, bentuk salah satu tugasnya adalah menganalisa salah satu skenario shakespeares (dalam bahasa Inggris kuno) dan menampilkannya dalam bentuk drama, ada juga yang mengubah puisi (juga dalam bahasa inggris kuno) menjadi skenario..

    Kami juga membuat eksibition tentang zaman kerajaan Inggris, dll..

    Jadi pintar-pintar memilih universitas, mungkin nama besar universitas tidak selalu menjamin mutu, menurut pandangan saya, justru bisa dilihat kalau universitas2 yang baru muncul-lah yang berani mencobakan inovasi2 terbaru dalam program-programnya..

    Sama seperti jurusan sastra Inggris, peluang kerjanya juga terbuka lebar, rekan-rekan saya juga bekerja di bidang yang beragam, ada yang penulis, HRD, pramugari, konsultan pendidikan, personal assisstant, kerja di british council, trainer, pokoknya bisa jadi apa aja, asalkan, kita punya prestasi yang bagus di berbagai bidang lain.. Mau jurusan sastra inggris, ataupun jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, peluangnya sama, asalkan selama kuliah nilai kita baik, dan yang paling penting perbanyak kegiatan organisasi, volunteer, pengalaman magang, dan perluas link dan wawasan, dijamin bisa jadi apa saja :))

    Suka

  6. Ping balik: Dosen Sastra Inggris Sebagai Pilihan Karir | PencariCerah

  7. Doni berkata:

    Hai kak, saya tahun ini baru mulai rencana untuk kuliah lagi setelah vakum 7 tahun setelah lulus smk saya memilih bekerja. Dan saya jatuhkan pilihan di salah satu pts di tempat saya, jadi sekalian bekerja dan tetep bisa kuliah. Yang saya tanyakan, apa di jurusan sastra inggris juga diajarkan basic – basic tentang ilmu manajemen juga? Apa pure cuma tentang sastra dan literatur inggris? Karena saya masih bingung kak, sy menyukai bahasa inggris dan berminat lbh mempelajarinya dan sy yakin bisa enjoy jika saya masuk sasing, tp orang tua menyarankan ambil manajemen. Beri pandangan dong kak, selain juga pertimbangan umur saya yg sdh menginjak 25 tahun, tentunya sy gak mau sampai salah ngambil keputusan ke depannya. Thanks a lot.

    Suka

  8. Ping balik: Doni: Kuliah di Jurusan Sastra Inggris atau Kuliah di Jurusan Manajemen? | PencariCerah

  9. halo kak maaf sebelumnya saya mau tanya apa yang dimaksud dengan Humanistic studies, dan history of English Language, British studies, popular culture, dan literature and culture,contohnya kaya gimana ? so’alnya saya cari di google ko ga ada,mohon penjelasannya ya kak. MAkasih :)

    Suka

    • kandra berkata:

      Halo Risa..

      Sabar ya saya bertanya dulu sama teman yang juga dosen sastra untuk menjawab pertanyaan risa, karena dulu saya mengenal pop culture, literature and culture, history of English Language. Sedangkan untuk human studies saya baru mengenal. Butuh waktu juga untuk mengingat kembali dan menyampaikan dengan bahasa yang mudah untuk teman-teman yang tertarik dengan jurusan sastra. :)
      I’ll be right back with the post soon, thats a promise.

      Suka

  10. linidiora berkata:

    Kalo mau ngambil SNMPTN jurusan sastra inggris UNAND bisa nggak kak? Aku kan jurusan IPA, kata tmen SASTRA INGGRIS itu masuk prodi IPS, gimana dong kak? Bingung bnget aku pngeeennn bnget masuk sastra inggris UNAND atau nggak UNP tapi prodinya IPS jadinya gabisa ngambil dong :( :”(

    Suka

    • kandra berkata:

      Hai Linidiora

      Untuk masuk Jurusan Sastra Inggris, kamu bisa ikutin Ujian Saringan Masuk Perguruan Tinggi (kalo di jaman saya namanya SPMB) dengan mengambil ujian IPC. Ujian ini kamu akan diuji mata pelajaran IPA dan IPS, dan tentunya kamu harus kerja keras karena kamu harus mengejar ketertinggalan di mata pelajaran IPS.

      Good luck

      Suka

    • Gua dulu waktu SMA jurusan IPA.. tapi kuliah ambil jurusan sastra inggris di UIN Malang melalui jalur SBMPTN… emang sih, kalo jalur SNMPTN lintas jurusan itu sulit, tapi gak menutup kemungkinan bisa diterima.. Intinya sih, kalo loe beneran niat masuk sastra inggris, loe harus terus usaha dan berdo’a… Setiap keinginan itu butuh perjuangan dan pengorbanan… kalo loe ga berani ambil resiko atau bahkan ga berani nyoba, berarti loe itu takut dan ga percaya sama diri sendiri… kita ga bakal tau apa yang bakal terjadi kedepannya… Jadi jangan takut mencoba… ga ada orang sukses yang langsung instan.. butuh kerja keras dan usaha.. jadi selamat mencoba dan semoga sukses

      Suka

  11. Rizki Ramadhan berkata:

    misi kak…..
    aku kelas 3 sma nih aku udah mantep pilih sasing, pilihan utama ui
    nah kemarin aku liat akrediatasi ui ternyata B
    kak, menurut kakak akreditasi itu seberapa penting?
    ataukah segalanya?

    Suka

    • kandra berkata:

      Akreditasi itu sangat penting bro.. kalau akreditasi sasing UI sekarang B itu menjadi pertanyaan saya juga, ada apa dengan jurusan sastra inggris UI? Jika bro Rizki tidak berminat menjadi PNS lebih baik tetapkan hati masuk UI, tapi kalau saya boleh saran maju terus masuk sasing UI. Karena akreditasi itu dapat berubah-ubah. Jadi bisa saja saat ini akreditasi B ketika selesai kuliah alias wisuda akreditasi itu naik menjadi A.

      Suka

  12. Ping balik: pengetahuan umum yg wajib diketahui

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s