MANAJEMEN KEBIDANAN

Apasih manajemen kebidanan itu? Hampir setiap pekan mahasiswi kebidanan STIKES FORT DE KOCK selalu mencari kata kunci ini. Jika mereka tidak menemukannya sendiri maka gue sebagai seorang operator yang dilimpahi tugas mencarinya. Gue gak tahu apa-apa mengenai masalah ini. Asli puyeng abis… jadinya ya kek gini deh gue buat aja sendiri artikel tentang manajemen kebidanan.

Manajemen kebidanan berasal dari dua suku kata yaitu manajemen dan kebidanan, yang asal katanya bidan. Menurut Kbbi.web.id pengertian Manajemen (kb.) adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran; pimpinan yg bertanggung jawab atas jalannya perusahaan dan organisasi. Pengertian ini sama dengan yang tertera pada kbbi versi pusatbahasa.diknas.go.id. Inti dari manajemen yang gue dapatkan adalah penggunaan sumber daya secara efektif untuk mencapai sasaran. Lanjut ke kata kedua yaitu kebidanan.
Pengertian bidan sebagai asal kata kebidanan menurut pusatbahasa.diknas.go.id, adalah wanita yg mempunyai kepandaian menolong dan merawat orang melahirkan dan bayinya. Sedangkan kebidanan berarti segala sesuatu mengenai bidan atau cara menolong dan merawat orang beranak (mungkin maksudnya orang yang mo melahirkan). Sedangkan pada situs kuliahbidan.wordpress.com pengertian ini lebih dispesifikan lagi kepada bidan sebagai sebuah profesi, yaitu seseorang yang telah mengikuti pendidikan tersebut dan lulus serta terdaftar atau mendapat ijin melakukan praktek kebidanan.

Pengertian Bidan menurut MENTERI KESEHATAN RI yang tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : 369/Menkes/Sk/Iii/2007 Tanggal : 27 Maret 2007 salah satu tenaga kesehatan yang memiliki posisi penting dan strategis terutama dalam penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka kesakitan dan kematian Bayi (AKB). Bidan memberikan pelayanan kebidanan yang berkesinambungan dan paripurna, berfokus pada aspek pencegahan, promosi dengan berlandaskan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat bersama-sama dengan tenaga kesehatan lainnya untuk senantiasa siap melayani siapa saja yang membutuhkannya, kapan dan dimanapun dia berada. Untuk menjamin kualitas tersebut diperlukan suatu standar profesi sebagai acuan untuk melakukan segala tindakan dan asuhan yang diberikan dalam seluruh aspek pengabdian profesinya kepada individu, keluarga dan masyarakat, baik dari aspek input, proses dan output.

Dari pengertian diatas maka dapat gue simpulkan bahwa manajemen kebidanan adalah proses pertolongan yang dilakukan seseorang yang berprofesi sebagai bidan secara sistematis untuk membantu menyelesaikan persoalan kesehatan seorang pasien dengan tepat.

Well itu pengertian manajemen kebidanan menurut gue. (rada susah ketemunya).
Nah dibawah adalah pengertian manajemen kebidanan yang tersimpan pada situs funnyfree.net

Manajemen Kebidanan adalah proses pemecahan masalah yang digunakan sebagai metode
untuk mengorganisasikan pikiran dan tindakan berdasarkan teori ilmiah… http://www.siaksoft.net/index.php?option=com_content&task=view&id=2562&Itemid=102
Cuma segini doang yang dapet dalam mencari pengertian manajemen kebidanan. Sayang dari situs ini tidak ada lagi yang dapat didapat. Maksud gue ketika anda mengklik link tersebut anda akan dibawa ke halaman depan dari siaksoft.net, bukan pada halaman yang mengandung tulisan tentang manajemen kebidanan yang sedang kita cari. Halaman ini mungkin hilang karena si pemilik situs atau webmaster kehilangan arsip halaman tersebut ketika ia mengubah situs yang dimilikinya.

Namun dari penggalan diatas gue dapat gambaran bahwa manajemen kebidanan merupakan proses pemecahan masalah kesehatan yang dihadapi pasien dengan menggunakan teori ilmiah yang telah ia dapatkan semasa kuliah. That is so simple don’t you think?? Artinya seorang bidan harus melakukan penetrasi terhadap permasalahan pasien berdasarkan teori-teori yang telah ia dapatkan semasa pembelajarannya selama kuliah. Jadi bidan tidak bisa melakukan hal-hal yang semaunya sendiri tanpa sebuah dasar yang jelas.
Lalu apa saja teori-teori kebidanan tersebut?? Jangan tanya gue, coba aja cari di kuliahbidan.wordpress.com, situs atau blog bidan yang lain.

Tentang iklan-iklan ini

Tentang kandra wilko

Ex Mahasiswa Sastra Inggris UNP, bekerja di perusahaan asuransi nasional sebagai marketing support, ngeblog untuk menyampaikan uneg-uneg-- follow @khandrautama
Tulisan ini dipublikasikan di Artikel. Tandai permalink.

12 Balasan ke MANAJEMEN KEBIDANAN

  1. Vhiet-rhie berkata:

    dunia kebidanan………..dunia yg rumit sekaligus mulia……….dapat membantu org melahirkan n membantu pemerintah dalam hal penurunan AKI n AKB……
    skr saya lg nyusun kti d3 kebidanan nech….mohon doa nya ja yach……

    Suka

  2. Siska berkata:

    Yg lngkap dunkz,
    Tp sya jg stju kl kebidanan itu rumit

    Suka

    • kandra berkata:

      waduh maaf ya gak lengkap abis semua yang telah saya tulis diatas merupakan sebuah kesimpulan yang saya dapatkan ketika menjadi operator warnet. sekarang saya kesulitan untuk menambah bahan tentang topik manajemen kebidanan ini.
      tolong bantuannya…….

      Suka

  3. aCisa berkata:

    Konsep kebidanan klo pke mata telanjang keliatan simple,tapi klo di teliti lumayan bikin pusing kepala……….!!!
    ku kira kita cm disuruh membaca materinya aja,tapi ternyata semua aspek materi hrus bisa dikuasai.
    hmmmmmmmmm………… mo gk dibaca takutx ntr pas kulh udah slsae gk bs jd bidan profesionalmlah yg ada di katain bidan bodoh…….. yg lebih parah lagi takutx malah bunuh bayi orang:p

    Suka

  4. dian berkata:

    jiakakakak…….. sabar yapz! knalin, nak bidan baru neyh! gila, emang ruwet tuh, pi kata-kata u ok juga. besop guw pke wat presentasi. thanks yahhhh…….

    Suka

  5. mutiah fitriyani berkata:

    yachhh emangg rumitt schh v qt bisa blajar hiduup sehatt…karena adanya manajemen kebidanann jd kehidupann qt terpenuhyy…..ateu trjaga lahhh……..

    Suka

  6. aini berkata:

    gabung ya para clon bidan profesional….
    saya seorang mahasiswa kebidanan tk 1…sy kesulitan dalam mengipretasi data dan mendiagnosa,,bantu saya dunk cara mudah biar bs memahaminya,,sbb ne ilmu dasar.
    txs bt sw

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s